Tuesday, November 6, 2012

Hangat Sedap Caldo Gallego, Sup Kacang Putih


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Saat udara musim hujan sudah terasa dingin, semangku sup hangat bisa jadi penangkalnya. Apalagi sup dari Spanyol yang satu ini. Isiannya beragam sayuran, kaacang-kacangan dan kadang ditambah sosis. Dihirup selagi hangat, sedap dan lezat!

Sup asal Spanyol yang satu ini disebut dengan Caldo Gallego atu sup kacang putih karena biasanya ditambahkan kacang putih. Meskipun dibuat dari bahan sederhana, hidangan ini begitu digemari di wilayah Galicia, Spanyol. Berisi sayuran hijau dan dilengkapi dengan potongan daging. Sekilas penampilannya mirip dengan sup sayuran biasa.

Sup ini dibuat dengan berbagai variasi. Biasanya tiap keluarga punya resep andalan. Beragam sayuran seperti wortel, turnip, buncis, kentang dan kol dijadikan isi utamnya. Selain itu ditambahkan daging atau sosis, juga aneka kacang-kacangan yang segar ataupun kalengan.

Terkadang kaldu sup ini dibuat dari buncis dan kacang-kacangan, yang disebut dengan Caldo branco. Ada juga yang dibuat dari chestnut yang disebut dengan Caldo de castaas.

Caldo Gallego sering juga ditambah larutan maizena agar kuahnya lebih kental. Disajikan dengan roti panggang yang hangat sehingga lebih mengenyangkan. Caldo Gallego selalu disajikan panas saat musim dingin atau jadi santapan makan malam.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment