Monday, November 5, 2012

Ketika Yunani dan Jawa Berkolaborasi Dalam Rasa


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Merida Beef, sajian khas Yunani ini bisa memompa semangat di awal minggu. Irisan daging panggang yang berlumuran bumbu gurih, dinikmati dengan pita bread, irisan tomat dan bawang yang segar. Paduan gurih segar, padat dan mengenyangkan. Bikin hari Senin jadi penuh semangat!

Mengawali pekan ini, giliran menu khas Yunani yang jadi incaran. Apalagi di kawasan Warung Buncit, kabarnya ada sebuah restoran baru berkonsep unik. Menyajikan makanan khas Yunani yang berkolaborasi dengan menu-menu khas Jawa. Kayak apa ya?

Mampir ke warung Haloniko!, kami disambut dengan dekorasi bergaya eklektik dengan aneka detail ruangan yang unik. Mulai dari kursi kayu yang kokoh, celengan ayam warna warni, teko yang digantung, lampu-lampu unik dan klasik, serta tempat duduk kayu tanpa sandaran panjang, persis seperti di warung. Meski begitu, tampilan warung Haloniko tampak modern, segar dan apik.

Begitu melihat buku menu, langsung terlihat deretan menu yang menggabungkan dua ciri, yaitu menu a la Yunani dan sajian khas Jawa. Rupanya, paduan ini tercipta dari perkawinan sang pemilik, Kika yang asli Jawa dan Niko asal Yunani. Jadilah Haloniko!, yang memadukan menu gaya Jawa dan Yunani!

Untuk menu Yunani, tersedia Souvlaki Beef, Merida Beef, Mama Mousaka, juga Kanelonia. Ada juga aneka pizza, serta Our Greek Salad, Chick Pea Salad, dan Lentil Salad. Untuk memanjakan lidah dengan menu tradisional Jawa, bisa juga memilih Ayam Bumbu Rujak, Sego Campur Mesem, juga Ayam Panggang Klaten.

Merida Beef (Rp. 80.000,00) pesanan kami disajikan dengan porsi generous. Terdiri dari tenderloin beef yang di grill hingga matang sempurna dan diberi bumbu spesial, beberapa helai roti pita, irisan tomat, mayones dan acar bawang bombay. Yang unik, ada keripik ubi yang manis renyah di sisi piring.

Sajian ini mirip Gyro, yaitu daging panggang khas Yunani yang biasanya dipanggang dengan panggangan vertikal. Diiris tipis-tipis kemudian dinikmati dengan pita bread plus sayuran dan digulung. Sandwich versi Yunani ini juga tampak mirip doner kebab dan merupakan salah satu sajian populer Yunani.

Untuk menikmati Merida Beef ini, ambil sehelai roti pita, masukkan tomat, acar bawang bombay, daging dan beri mayones. Kemudian lipat dan nikmati bersama. Nyam! Daging yang enak dan creamynya mayones yang sedikit manis berpadu dengan krenyes bawang bombay dan tomat segar. Sedap!

Red Moon Pizza (Rp. 40.000,00) juga disajikan dengan tampilan menarik. Ukurannya sekitar 22 cm, hanya terbagi menjadi 4 slices saja. Perpaduannya cantik, hijau dan merah dari paprika, merah gelap dari beef sausage, putih dari bawang bombay dan cacahan kecil feta cheese, juga warna hitam dari irisan olive.

Begitu digigit, adonan rotinya lembut dengan tekstur yang krenyes segar dari aneka topping. Ada sentuhan gurih kenyal keju feta. Sementara paprika dan tomatnya terasa renyah segar. Tak ada jejak minyak atau lemak berlebihan. Segar dan renyah!

Untuk menu a la Jawa, Ayam Bumbu Rujak (Rp. 40.000,00) jadi pilihan. Ayam berukuran besar diolah dengan bumbu kunyit, bawang merah, bawang putih dan cabe. Disajikan dengan pasta linguine dan diberi parutan keju parmesan di atasnya.

Karena ayamnya disajikan utuh berikut tulang, agak sulit menikmatinya dengan sendok garpu. Paduannya dengan pasta terbilang unik, mungkin lebih nikmat dan pas lagi jika disajikan dengan bentuk irisan fillet ayam. Rasa bumbu rujaknya lumayan sedap dengan selingan gurihnya keju parmesan.

Karena tempatnya yang nyaman dan makanannya yang enak, Haloniko bisa jadi destinasi untuk bersantap siang atau bersantai. Apalagi terletak di kawasan Jakarta Selatan, namun dengan atmosfer yang lebih tenang, sambil menikmati menu yang diracik langsung oleh sang pemilik, Niko!

Haloniko!

The Promenade (Ace Hardware Pejaten) Lot 13

Warung Buncit Raya No. 98

Pejaten Barat Jakarta Selatan

Telepon: 021-79191227

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment