Tuesday, November 6, 2012

Konsumsi Daging Berisiko Kanker Payudara Pada Wanita Kulit Putih


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Berbagai penelitian telah menunjukkan bahaya konsumsi daging secara berlebihan. Mulai dari diabetes hingga kanker. Namun, studi terbaru mengatakan bahwa efek buruk konsumsi daging hanya berlaku pada ras tertentu.

Konsumsi daging terkait dengan meningkatnya risiko kanker payudara pada wanita kulit putih. Namun, peneliti tak menemukan korelasi serupa pada wanita berkulit hitam. Menurut studi yang diselenggarakan Cancer Institute of New Jersey, kebanyakan riset kanker payudara dilakukan pada wanita kulit putih.

Karena itu, mereka melibatkan penderita kanker payudara yang terdiri dari 976 wanita kulit hitam dan 873 wanita kulit putih. Tak hanya itu, sebanyak 1.165 wanita kulit hitam dan 865 wanita kulit putih tanpa kanker juga berpartisipasi.

Pada wanita kulit putih, pengonsumsi daging paling banyak memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi dibanding yang konsumsinya sedikit. Hal ini terutama berlaku pada wanita yang belum menopause. Risiko tersebut semakin tinggi jika konsumsi mingguan meningkat sekitar 0,5 kilogram daging merah dan 0,2 kilogram daging unggas.

"Penelitian ini mendukung wanita Kaukasia untuk membatasi asupan daging agar risiko kanker payudara berkurang," tulis peneliti lain, Urmila Chandran. Ia menambahkan, hal ini sesuai dengan rekomendasi American Institute for Cancer Research untuk membatasi asupan daging merah kurang dari 500 gram per minggu.

Ternyata, hasil yang berlawanan dialami oleh wanita kulit hitam. Berdasarkan penelitian tersebut, menyantap daging merah dalam jumlah relatif banyak justru dapat menurunkan risiko tumor.

"Studi kami memberi informasi baru, yakni tentang peranan konsumsi pangan hewani terhadap pertumbuhan kanker payudara pada wanita keturunan Eropa dan Afrika," ujar Elisa Bandera, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Huffington Post (04/11/12). Namun, karena studi ini merupakan yang pertama memeriksa kaitan tersebut dengan wanita Afrika-Amerika, diperlukan riset lebih lanjut.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment