Tuesday, November 6, 2012

Makanan Digoreng Tak Ada Kaitan dengan Penyakit Jantung


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Kentang goreng dan ayam goreng kerap dinyatakan sebagai penyebab naiknya berat badan. Karena itu sering juga dihindari oleh pelaku diet. Namun sebuah penelitian baru menemukan bahwa hidangan yang digoreng tak selamanya buruk untuk kesehatan.

Sebuah penelitian baru dari Spanyol yang telah di publikasikan dalam British Medical Journal telah menemukan bahwa, banyak konsumsi minyak tidak ada hubungan dengan kejadian penyakit jantung.

Mulanya studi ini memantau diet dan metode memasak para responden. Untuk menghubungkan kebiasaan konsumsi gorengan dengan penyakit jatung. Penelitian yang memakan waktu 11 tahun ini, melibatkan 40.000 orang berusia 29-69 tahun.

Mulanya responden ditanyai jenis makanan yang biasa dikonsumsinya, apakah digoreng atau ditumis. Untuk melihat seberapa sering mereka mengonsumsi gorengan. Nantinya kesehatan mereka juga akan dicek, karena seringnya konsumsi minyak selalu dikaitkan dengan risiko penyakit jantung.

Saat pemeriksaan kesehatan pertama, tidak satupun dari responden yang menderita penyakit jantung. Namun saat akhir penelitian sebanyak 606 responden terkena penyakit jantung koroner. Sedangkan 1.134 responden telah meninggal dunia. Namun para peneliti mengatakan bahwa kejadian ini tidak ada hubungannya dengan konsumsi gorengan.

Profesor Michael Leitzmann dari Universitas Regensburg di Jerman, mengatakan studi ini berhasil membuktikan mitos bahwa minyak goreng buruk bagi kesehatan jantung.

Para tim peneliti menyimpulkan hasil penelitian ini. Di Mediterania banyak yang mengggunakan minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari untuk menggoreng, mereka sering mengonsumsinya dan setelah diamati tidak ada hubungannya dengan penyakit jantung koroner.

Meskipun begitu mengolah makanan dengan digoreng juga harus dikurangi. Karena Anda akan mendapatkan banyak kalori dari penyerapan lemak di minyak. Karena itulah berat badan bisa meningkat dan berdampak buruk untuk kesehatan.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment