Wednesday, November 7, 2012

Tahun Depan, Fukuoka Gelar Festival Makanan Halal


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Fukuoka Jepang juga tak mau ketinggalan dalam promosikan produk halal. Seperti yang dilakukan negara lain, Jepang juga berencana menyelenggarakan festival makanan halal. Dalam acara yang akan diadakan tahun depan tersebut, berbagai produk halal Jepang akan dipamerkan.

Festival makanan halal ini dirancang oleh Nippon Asia Halal Association. Dalam acara ini, seperti dimuat dalam Japantimes (18/08/2012), akan dihadirkan sedikitnya 30 produk halal buatan Jepang. Rencananya, acaranya akan diselenggarakan sekitar bulan Februari 2013.

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk meningkatkan angka ekspor produk halal Jepang ke negara dengan angka penduduk muslim yang tinggi. Selain itu, adanya festival makanan halal ini juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim Jepang akan makanan bersertifikat halal.

Penyelenggara rencananya akan mengundang badan akreditasi halal, diplomat, dan juga pelajar dari negara dengan populasi Muslim yang tinggi, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Pasar halal global sendiri diperkirakan nilainya mencapai 600 miliar Dollar, dan Asia Tenggara dan Eropa menjadi wilayah dengan produk halal tertinggi. Namun sebaliknya, minat publik akan produk halal cenderung rendah di Jepang, dan perusahaan dengan produk bersertifikasi halal jumlahnya sangat terbatas.

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment