Tuesday, November 6, 2012

Tebaru dari Samuel Adam, Bir Utopia Seharga Rp. 1,8 Juta!


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Produsen bir Samuel Adams telah meluncurkan bir bernama Utopia. Bir yang terbuat dari bahan alami berkualitas dan per botol dijual Rp 1.830.000. Bir hitam tanpa karbonasi ini rencananya akan diliris dalam jumlah terbatas setiap dua tahun.

Para pembuat bir telah memposisikan Utopia yang akan diluncurkan setiap dua tahun dalam jumlah terbatas, seperti halnya cognac atau brewskis. Bir ini masuk kedalam salah satu bir termahal dengan harga sekitar Rp 1.830.000 per botol.

Kemasannya sangat menarik perhatian. Mirip botol brandy dengan bagian bawah yang menggelembung, leher botol yang tinggi, berwarna hitam dengan hiasan tembaga. Produk ini sekaligus merayakan 10 tahun produk bir Utopia dan setiap botolnya berisi 700 ml bir.

Bir ini dibuat lebih sekedar definisi buku teks bahwa bir adalah biji gandum yang difermentasikan, kata Jim Koch selaku pendiri Samuel Adams seperti dilansir Market Watch (06/11/2012). Untuk menggeser kebiasaan menikmati bir dalam keadaan dingin, Koch menikmati bir Utopia dalam suhu ruangan.

Sam Adams menawarkan Utopia yang dibuat dengan bahan berkualitas tinggi dan alami, termasuk spesial malt dan hop. Bir hitam yang tidak dikarbonisasi ini merupakan campuran dari beberapa bir dan disimpan dalam beberapa macam barel kayu yang sumbernya dari Nicaragua dan Kentucky.

Dari berbagai macam campuran dan media penyimpanan ini, menghasilkan rasa yang unik dalam satu botol bir. Rasa akhirnya, bir dengan rasa manis madu, toffee, karamel, cokelat, dan vanila, yang diseimbangkan dengan rasa molasses, kismis, plum, berry, tutur pembuat Utopia.

Bir dengan harga relatif mahal dan mempunyai kandungan alkohol cukup tinggi sebesar 29%. Harganya setara dengan minuman setelah jamuan makan malam lainnya. Karena, beberapa waktu lalu Koch mengadakan percobaan rasa tanpa diberi label, Utopia dijajarkan dengan Port seharga sekitar Rp 2.884.000 dan Coganc seharga Rp 4.807.600 dan bir ini nyaris selalu menang saat disandingkan rasanya.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment