Monday, November 5, 2012

Tukang Buah Ini Dihukum Karena Terlalu Berisik di Pasar


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sebagai tempat jual beli, pasar jadi salah satu tempat yang terkenal ramai. Namun hal ini agaknya tak berlaku lagi di Scunthorpe Market, Inggris. Pasalnya, seorang pedagang buah di pasar ini dihukum lantaran terlalu berisik.

Suara yang lantang para pedagang di pasar dianggap wajar. Karena memiliki banyak kompetitor dan menarik perhatian pembeli, para pedagang seringkali berteriak. Simon Stanley juga melakukan hal yang sama di kios buah miliknya, Trudy's Fresh Vegetables di Scunthorpe Market. Dalam teriakannya, ia menyebutkan jenis buah yang dijual berikut harganya.

Seperti dimuat dalam Dailymail (02/11/2012), Simon harus membayar denda sekitar Rp.15.000.000,00 karena perbuatannya ini. Tak hanya denda uang, namun Simon juga tidak diperkenankan datang ke pasar tersebut selama 3 bulan, berlaku hingga tanggal 12 Desember.

Simon dikenakan hukuman lantaran teriakannya yang kencang dianggap berpotensi merusak kesehatan pendengaran orang lain. Tak hanya Simon, beberapa tukang daging juga diberikan surat peringatan untuk tidak lagi berteriak dengan suara lantang dalam mempromosikan dagangannya.

Menurut Simon, ia sudah melakukan hal tersebut selama 3 tahun, dan tidak ada yang protes. "Meneriakkan harga barang yang kami jual adalah bagian dari suasana pasar," kata Simon.

Pasar tersebutpun memberlakukan aturan baru, yaitu pedagang hanya boleh mempromosikan jualannya dengan suara keras di atas jam 1 siang di hari Sabtu. Karena dilarang memasuki pasar, kini usaha Simon diambil alih oleh sang isteri, Trudi Stanley.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment