Wednesday, October 24, 2012

Jajan Yamien Sedap Mantap di Pasar Anyar


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Penggemar mi ayam khususnya yamien wajib mencoba mi yang satu ini. Yamien berwarna kecokelatan dengan topping cincangan ayam ini tampil begitu menggoda. Semangkok kuah kaldu berisi bakso dan tahu yang gurih lembut membuat rasanya tambah mantap!

Demi rasa penasaran ingin mencicipi mi Apollo yang terletak di keramaian Pasar Anyar, pagi itu saya pun rela menembus pasar yang penuh sesak dengan angkot dan panasnya terik matahari. Namun perjalanan tersebut sungguh tidak sia-sia, sebab semangkok mi yamien bakso racikan warung Apollo ini rupanya berhasil membungkam rasa lelah saya.

Warung mi Apollo letaknya di sudut pasar dengan jejeran kursi dan meja sederhana yang saat itu telah penuh disesaki oleh pembeli. Ada yang melepas lelah setelah berbelanja ada pula yang sengaja datang seperti saya khusus untuk menikmati yamien. Untunglah tak lama saya memperoleh tempat duduk, meski tetap harus berbagi tempat dengan pengunjung lainnya.

Di tempat ini jangan harap disodorkan buku menu atau sejenisnya sebab hanya ada satu menu yang jadi andalan yaitu Mi Bakso Yamien. Udara yang panas membuat saya memutuskan memesan es jeruk dan semangkok es teler. Wah... pastinya bakal maknyos menikmati segarnya es!

Tanpa menunggu terlalu lama semangkok es jeruk disodorkan dihadapan saya menyusul es teler dan yamien. Untuk melegakan tenggorokan yang kering es jeruk yang segar pun segera meluncur ke tenggorokan. Slurppp... hmm benar-benar sueger! Apalagi si penjual memakai jeruk Pontianak asli, karena tempat duduk saya berdekatan dengan gerobak peracik minuman.

Saya pun segera beralih ke mi yamien yang disajikan dalam mangkok sederhana. Tak lupa pendampingnya berupa kaldu dengan 3 butir bakso dan sebuah tahu bakso dalam mangkok mungil. Mi versi Apollo ini berukuran kecil dengan warna kecoklatan khas mi yamien pada umumnya karena telah diaduk dengan sedikit minyak dan kecap manis dan kecap asin.

Mi dalam mangkok benar-benar kering dengan cincangan ayam yang juga telah dimasak dengan sedikit kecap dan bawang goreng sebagai topping. Suapan pertama wow... saya dikejutkan oleh rasanya yang yummy! Minya lembut sedikit kenyal dengan citarasa campuran manis dan sedikit asin hmm... bagi saya perpaduan tersebut sungguh pas. Tidak manis berlebihan seperti umumnya yamien.

Saya menduga baksonya buatan sendiri karena ukurannya sedikit lebih kecil dari bakso pada umumnya. Rasanya tidak terlalu kenyal namun dagingnya cukup terasa. Yang jadi favorit adalah bakso tahu yang rasanya lembut gurih. Secara keseluruhan bagi saya yamien seharga Rp 12.000,00 per mangkok ini benar-benar tidak mengecewakan dan patut dicoba.

Sebagai pembilas rasa gurih es teler dengan gelas pendek gendut jadi penutup yang sempurna. Es teler yang dihargai Rp 7500,00 ini berisi campuran alpukat, nangka, dan kelapa muda. Es serut yang menggunung dengan siraman sirop merah dan susu manis pun sudah sedikit meleleh. Panasnya cuaca tetap membuat minuman ini ludes hingga tetes terakhir.

Meski tempatnya tak begitu luas dan kurang begitu nyaman untuk duduk berlama-lama, sebagai penggemar mi saya tak kapok untuk mampir kembali kesini. Nah, kalau yang long weekend besok jalan-jalan ke Bogor mungkin Bakmi Apollo bisa jadi alternatif pilihan jajanan.

Mie Ayam Bakso Apollo

Pasar Anyar Blok CD H1, Bogor

Telp: 0251-8363378

Jam buka: 08.00-19.00

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment