Tuesday, October 30, 2012

Mana Yang Lebih Sehat, Mentega atau Minyak Kelapa?


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Minyak kelapa dan mentega sering digunakan untuk menumis. Minyak kelapa juga dikatakan sebagai minyak sehat. Sedangkan mentega cenderung mengandung banyak lemak. Namun jika keduanya dibadingkan mana yang lebih menyehatkan?

Seperti yang dilansir dari eatingwell.com, dalam satu sendok makan minyak kelapa mengandung 117 kalori, 14 g lemak total dan 12 g lemak jenuh. Sedangkan mentega tawar hanya mengandung 102 kalori, 12 g lemak total dan 7 g lemak jenuh.

Dari angka tersebut menunjukkan bahwa mentaga baik untuk dikonsumsi. Karena kandungan kalori lemak total dan lemak jenuhnya lebih rendah dari minyak kelapa. Sayangnya sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam lemak yang terkandung dalam mentega adalah asam palmitat yang diketahui dapat menyebabkan penumpukkan lemak pada pembuluh darah arteri.

Sedangkan minyak kelapa mengandung asam lemak laurat, merupakan asam lemak utama yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). Namun asam lemak ini juga bisa meningkatkan jumlah kolesterol jahat (LDL).

Minyak kelapa memang sedikit menyehatkan dibandingakan minyak kelapa sawit yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Tetpi konsumsi minyak kelapa juga tak baik untuk kesehatan. ujar Penny Kris-Etherton, Ph.D., RD, FAHA, seorang profesor gizi di Pennsylvania State University.

Iapun menyarankan untuk mengganti minyak kelapa dan mentega dengan minyak zaitun atau canola. Tiapsendok makan minyak zaitun mengandung 119 kalori, 13,5 g lemak total dan 1 g lemak jenuh. Sedangkan minyak canola mengandung 124 kalori, 14 g lemak total dan 1 g lemak jenuh.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment