Tuesday, January 1, 2013

2 Gelas Susu Sehari Cukupi Kebutuhan Vitamin D Anak


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Banyak orang tua bingung menentukan jumlah porsi susu untuk anaknya. Apalagi saat anak memasuki pra sekolah sekitar 3-6 tahun. Untuk menentukan porsi tepatnya, beberapa tim ilmuanpun melakukan penelitian.

Dr. Jonathon Maguire dari St. Michael's Hospital beserta timnya melihat efek positif pada susu sapi. Kandungan zat besi dan vitamin D merupakan dua jenis nutrisi terpenting yang baik dikonsumsi oleh lebih dari 1.300 anak-anak berusia 2-5 tahun.

Kami melakukan penelitian ini karena rekomendasi asupan susu tidak jelas. Bahkan orang tua dan para dokter masih mencari tahu jawabannya. ungkap Dr. Maguire, seperti dilansir Times of India (30/12/2012).

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 hingga 2010 ini melibatkan banyak anak-anak sehat. Mereka juga melibatkan para orang tua untuk mengisi kuesioner tentang kebiasaan minum susu anaknya.

Selain itu, tim peneliti dari St. Michael's Hospital dan The Hospital for Sick Children juga mengambil beberapa sampel darah responden. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jumlah asupan zat besi dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah anemia pada anak.

Hasilnya diketahui, bahwa mereka yang minum susu sapi dua gelas per hari tercukupi asupan vitamin D-nya. Namun untuk mereka yang kekurangan supan zat besi dapat minum lebih banyak susu setiap hari.

Untuk itu susu sapi bisa diberikan pada anak sebanyak dua gelas perhari. Meskipun begitu Canadian Paediatric Societypun merekomendasikan bahwa susu sapi tidak boleh diberikan pada anak jika usianya di bawah satu tahun.

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment