Thursday, January 3, 2013

Anak Berusia 7 - 9 Tahun Juga Bisa Diajak Bekerja di Dapur


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Masa-masa libur sekolah ataupun waktu senggang anak harus dimanfaatkan. Tentunya dengan melakukan aktivitas ringan namun bermanfaat. Waktu liburan juga jadi momen yang pas untuk membiasakan anak dengan aktivitas dapur. Apa saja ya, yang bisa ia lakukan?

Situs Delicious Kitchen memaparkan beberapa jenis aktivitas yang pas untuk dilakukan anak usia 7 hingga 9 tahun. Di antaranya adalah membantu ibu mengupas telur rebus. Pastikan uap panasnya sudah hilang, dan telur bisa langsung dibersihkan dari kulitnya. Sejak usia 7 tahun, si kecil juga sudah bisa diajarkan untuk menakar bahan makanan dengan menggunakan timbangan ataupun alat ukur.

Sebelum memasak, Anda juga bisa meminta anak untuk mencari resep. Berikan ia beberapa pilihan makanan, bisa dari resep online ataupun buku resep, dan nantinya resep tersebut akan dibuat bersama. Ia juga bisa diminta untuk mengaduk adonan dengan menggunakan kocokan kawat manual.

Jika ingin meracik minuman yang segar, bisa juga dibuat dengan sedikit variasi. Masukkan potongan buah segar pada cetakan es batu yang membuat rasanya makin segar dan berwarna cerah. Dijamin si kecil akan lebih semangat karena es batu jadi tampak semarak.

Kalau anak suka makan pizza, tak ada salahnya juga membuat pizza sendiri. Adonan kulitnya bisa dibuat dari campuran tepung terigu, air, olive oil, ragi dan juga garam. Nah, libatkan si kecil dalam mengoleskan saus dasarnya, dan menambahkan sayuran serta daging hingga tertata cantik di atas adonan.

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment