Wednesday, January 2, 2013

Jamie Oliver Sebut Cabai Punya Efek Setara Morfin


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Tiap orang punya menu tertentu yang dipercaya bisa meningkatkan mood. Bagaimana dengan Jamie Oliver? Sebagai pakar kuliner, ia tentu juga punya makanan andalan untuk memicu semangatnya di pagi hari, yaitu cabai!

Menurut chef kondang ini, dibanding minum kopi, makan cabai jauh lebih ampuh untuk menaikkan mood dan meningkatkan daya tahannya terhadap rasa sakit. Menurut Jamie, komposisi makanan yang memberikan rasa pedas di lidah ini memiliki unsur alami yang memiliki efek seperti morfin, atau penurun rasa sakit.

Jamie mengungkapkannya saat tampil di acara The Last Leg of the Year yang disiarkan Channel 4. Ia mengungkapkan efek positif dari cabai terhadap tubuhnya. Menurutnya, jika ia tak bisa melewatkan satu pagi pun tanpa makan cabai, dan akan merasa tak enak badan jika tidak melakukannya.

"Terdapat unsur kimiawi bernama capsaicin yang komposisi alaminya mirim morfin. (Cabai) memicu adanya serotonin dan rasa bahagia. Dibanding minum kopi, saya selalu mengonsumsi sedikit cabai," kata Jamie seperti dimuat dalam Daily Mail (29/12/2012).

Namun seorang ahli kesehatan memiliki pendapat lain. "Belum ada bukti jika capsaicin menggerakkan suasana hati ataupun perilaku atau menimbulkan adiksi, ketika dicerna sebagai bagian dari konsumsi makanan sehari-hari kita," kata Dr. Carmine Pariante, professor of biological psychiatry di King's College, London.

"Sangat betul jika capsaicin memiliki efek dalam sistem kontrol rasa sakit, yang termasuk serotonin. Namun efeknya hanya di mulut, tidak sampai menjangkau otak," jelas Dr. Carmine.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment