Wednesday, January 2, 2013

Ada Gurame Saus Buah Segar yang Unik di Atas Bukit


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Makan gurame yang renyah empuk jadi makin asyik sambil melihat pemandangan cantik dari atas bukit. Seperti di restoran yang satu ini. Apalagi gurame gorengnya dibalut saus aneka buah-buahan yang rasanya asam manis segar. Wah, nikmatnya!

Bukit Pelayangan Restoran yang berada dikawasan Serpong, sangat terkenal dengan berbagai sajian istimewanya. Pilihan menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari ikan, kepiting, cumi, udang hingga ayam yang diolah dengan beragam bumbu berbeda.

Dari namanya saja sudah terbayangkan kalau restoran ini juga menawarkan keindahan alam. Begitu masuk ke dalam restoran, langsung disuguhi suasana yang nyaman. Ruangannya berupa saung-saung berdinding bambu, ada juga saung lesehan yang dilengkapi bangku dan meja.

Akhirnya saung di ruang Nakula yang dikelilingi pepohonan rindang jadi pilihan. Suasana teduh sejuk dan hijaunya mengingatkan akan suasana kota Bogor. Tak heran kalau bulan lalu restoran ini di nobatkan sebagai Restoran Hijau oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Pelayan berseragam oranye kecokelatanpun menyodorkan buku menu. Dari sekian puluh menu akhirnya Gurame Saus Buah dan Ayam Ijo Pelayangan jadi target buat pengisi perut. Sayang sekali, niat mencicipi Sop Ikan Pelayangan batal karena sudah habis.

Gurame Saus Buah (Rp. 96.000) ukuran reguler tampil sangat meriah dan berwarna cerah. Kalau biasanya disiram saus asam manis kini ada beragam buah di atasnya. Seperti anggur merah, anggur hijau, leci dan strawberry. Kuahnya mirip seperti kuah asam manis, berwarna oranye agak kental dengan potongan jahe memanjang juga rajangan bawang bombay.

Hmm.. aroma gurih campur segarnya buah sangat menggelitik. Benar saja saat saus tercecap lidah, langsung terasa asam manis sedikit gurih. Disuap dengan ikan goreng yang gurih renyah rasanya jadi makin ramai di lidah. Ada gurih dan asam segar buah beradu di mulut. Sesuatu yang unik dan cukup menantang!

Ayam Ijo Pelayangan (Rp. 72.500) yang jadi andalan di restoran ini juga tak kalah menggoda. Ayamnya digoreng kering kecokelatan dengan bagian dalam yang lembut gurih. Di atasnya ditaburi cabai hijau yang diulek kasar dan dicampur dengan sedikit tauco.

Ukuran reguler yang dipilih berisi dua potong ayam. Ah, rasa ayam ini jadi mirip bandeng tauco khas Tangerang. Ada aroma khas tauco dengan rasa segar pedas dan gurih dari sambalnya. Tentu saja nasi pulen yang hangat membuat suapan ayam ini jadi makin cepat tandas.

Rasa pedas gurih di mulutpun terbilas dengan secangkir wedang jahe (Rp.14.000). Air jahenya berwarna cokelat pekat karena gula merah. Sedikit krim membuat wedang jahe ini makin mantap. Iringan hujan dan tiupan angin semilir sejuk membuat santapan kali ini benar-benar memuaskan. Pastinya kami akan kembali untuk bersantap di sini dan sup ikan Pelayangan bakal jadi target utama!

Bukit Pelayangan Restoran (BUPE RESTO)

Jl. Cilenggang 1 No.53A

Serpong, Tangerang Selatan

Telp. 021- 5382626

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment