Friday, January 4, 2013

Masak Jadi Kurikulum Sekolah Bisa Jadi Solusi masalah Obesitas Anak


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Pola makan tak sehat jadi salah satu pemicu tingginya angka obesitas. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi pola makan ini. Di antaranya adalah kurangnya pengetahuan anak mengenai nilai gizi, jenis makanan, juga cara pengolahan makanan.

Ruth Bond dari Women's Institute turut mencermati hal ini. Menurut Bond, pelajaran memasak di sekolah bisa dijadikan solusi dalam menurunkan jumlah makanan yang dikonsumsi anak. Ia percaya jika pelajaran ini juga bisa menunjang kesiapan anak menghadapi kehidupannya di usia dewasa.

Bond berpendapat jika pola hidup bergantung pada pola makan sehari-hari. "Memasak menu sehat adalah gaya hidup yang baik. Itu merupakan pendekatan holistik. Kami tidak ingin makanan terbuang percuma. Jika Anda memberikan kemampuan ini pada anak sejak kecil, ini bisa menjadi jalan untuk menghentikan bom waktu masalah obesitas," ungkap Bond dalam Daily Mail (03/01/2012).

Edukasi yang diberikan bisa mengenai cara-cara praktis memasak, seperti bagaimana memasak kentang dengan tingkat kematangan yang pas, juga langkah-langkah berbelanja. Bisa juga dengan memgajarkannya membuat aturan menu seimbang.

Kehidupan modern juga mengikis kebiasaan memasak sendiri, dan beralih menggunakan jasa tukang masak ataupun membeli makanan siap santap. Hal tersebut makin menjauhkan anak dari dunia masak memasak dan pengenalan nutrisi. Karenanya, sekolah diharapkan mampu mengisi kekosongan tersebut.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment