Thursday, January 3, 2013

Wouw! Vla Durian Segar Lembut Meleleh dari Sus Durian


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sambil ngeteh atau ngopi, kue sus jadi teman yang ideal. Kulit sus yang gurih tampak gemuk dengan isian krim yang melimpah di dalamnya. Ada sus dengan krim vanilla dan susu yang klasik, atau sus modifikasi dengan vla durian, vla keju, cream cheese, bahkan chicken ragout yang gurih enak. Hmm, mau pilih yang mana?

Mencari buah tangan di daerah Kelapa Gading, gerai Soes House yang sudah cukup kondang jadi tujuan. Di tokonya yang mungil, sus aneka jenis sus ditata rapi. Bisa dibeli satuan, setengah lusin, ataupun selusin sus dengan jenis yang bisa dicampur. Hmm, sempat bingung memilih, karena ada 18 jenis sus yang semuanya tampak enak dilahap.

Kue dengan tesktur kering di luar dan berongga lembut di bagian dalam ini sudah lama dikenal. Berasal dari Prancis, konon pertama kali dibuat oleh seorang chef bernama Pantanelli pada tahun 1540. Kue yang pertama kali diberi nama Pte Panterelli ini kemudian dikenal dengan nama populer Choux Pastry. Dibuat dari terigu, mentega, telur, dan air, kemudian dicetak jadi beragam bentuk memakai kantong semprotan kue.

Meskipun ada 17 pesaing rasa, namun sus original tetap jadi incaran. Rasa manis susu plus wangi vanilla meruap dalam mulut. Teksturnya manis lembut nikmat, berpadu pas dengan kulit sus yang gurih kering. Ups, karena isian krim lumayan banyak, krim sus nya hampir saja tumpah di gigitan kedua.

Sus durian jadi target selanjutnya. Uniknya, permukaan kue susnya bertotol-totol, dibentuk menyerupai kulit durian yang berduri. Segera saya membuka tutup wadah transparan yang menutupi susnya. Hmm, aroma durian yang menyengat langsung menggelitik hidung.

Susnya diisi dengan vla durian berwarna putih susu. Begitu digigit, tampak masih tercecap tekstur khas daging durian segar yang lembut dan sedikit berserat. Manis nikmat, cocok dipilih penyuka buah dengan aroma dan tekstur yang kuat ini. Nyam-nyam.. tiga kali suap sus wangi inipun lenyap!

Di Soes House, sus dibuat dengan bentuk berbeda. Misalnya untuk sus cokelat dan original, susnya berbentuk membulat. Sus yang rasanya gurih bentuknya panjang. Untuk sus dengan cream cheese, diberikan cake crumb di atasnya. Tiap jenis sus juga dihias dengan tampilan penuh detil. Semua tampak cantik dan menggugah!

Kalau ingin yang garing renyah sebagai camilan, cicipi juga cheese ball yang dijual Rp. 20.000/kemasan. Yang ini sus kering rasa keju. Sus berukuran mungil yang teksturnya krenyes renyah. Rasanya asin gurih di lidah.

Sus strawberry, blackberry, dan lemon cream cheese diisi dengan cream cheese beraroma. Di atasnya ada irisan strawberry, jeruk, dan juga selai blueberry yang jadi ciri masing-masing sus. Vla putih di dalamnya terasa manis gurih dan wangi aromanya. Ah, lagi-lagi isi vlanya mencuat keluar di gigitan kedua.

Di Soes House, pengunjung bisa membeli sus secara satuan (Rp. 5.500) ataupun satu lusin. Jadi lebih hemat, karena perlusinnya dihargai Rp. 60.000 dengan pilihan sus yang bisa dicampur. Untuk pilihan lainnya, ada sus choco crunch, cappuccino, chocolate, keju, srikaya, alpukat, tiramisu, juga sus gurih dengan isian hot dog, chicken ragout, juga spaghetti. Tentu varian sus lainnya ini harus dicoba dalam kunjungan berikutnya ke Soes House!

Soes House

Jl Boulevard Raya Blok TN 2/37

Kelapa Gading, Jakarta Utara

Jam buka: 09.00 - 22.00

Jl. Jend. Sudirman, Jakarta

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment