Friday, January 4, 2013

Alamak, Enaknya Gurame Hotplate yang Berendam Saus BBQ!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Meskipun tergolong ikan air tawar, gurame tak kalah enak dengan ikan laut. Apalagi ikan gurami yang satu ini disajikan dengan cara menggoda. Panas mengepul di atas hotplate dengan siraman saus BBQ yang wangi menggelitik. Wah, nasi dua piringpun bakal tuntas dengan lauk sedap ini!

Bentuk ikan gurami lebar dan pipih serta memiliki semacam sungut di perut bagian depan. Dagingnya padat, durinya besar-besar, serta bercitarasa gurih dan enak. Tak heran ikan ini sering menjadi favorit di restoran. Karenanya harganya relatif mahal.

Saat menyambangi rumah makan Radja Gurame tentu saja kami ingin menikmati ikan gurami yang enak. Maka dua menu gurami unggulan mereka yakni Gurame Hotplate BBQ (Rp 35.000) dan Sup Gurame (Rp 35.000) langsung kami pesan. Keduanya disajikan dalam paket bersama nasi putih serta lalap selada, mentimun, dan tomat.

Tak disangka sajian gurami ini cukup cepat disajikan. Padahal, biasanya menu gurami memerlukan proses memasak agak lama, apalagi jika ikannya ditangkap hidup-hidup dari kolam penangkarannya. Mungkin karena menggunakan gurami yang sudah dibersihkan maka waktu memasaknya tidak lama.

Hmm... Sup gurami yang disajikan dalam mangkuk di atas tungku pemanas tampak mengepul, menebarkan aroma gurih enak. Gurami utuh berukuran sekitar 3,5 ons 'berenang' di kuah kaldu bening berisi cabai rawit merah dan potongan tomat hijau.

Wah, dagingnya gurih dan mudah lumat di mulut! Kuahnya asam segar dengan semburat wangi aroma serai diikuti dengan jahe, kemangi, dan sedikit bawang putih. Gurih khas kaldu ikan dan beraroma wangi. Slruup... Sedapnya!

Tak kalah menggoda gurame hotplate BBQ yang disajikan panas di atas hotplate. Gurame ukuran sedang yang dibakar disiram dengan saus barbecue oranye dan irisan bawang Bombay. Yang ini juga menebarkan aroma gurih saus BBQ yang bikin ngiler!

Kalau biasanya gurame tak jauh dari saus asam manis, ternyata juga enak dipadu dengan saus BBQ yang lebih gurih. Citarasa asam manis dengan aroma smoky serta jejak lada hitam pas dengan gurihnya daging ikan. Diiringi dengan suapan nasi hangat, gurame yang inipun segera licin tandas!

Wah, selain perut kenyang resto ini juga punya pilihan area makan. Bisa memilih area lesehan dan area teras yang cukup luas. Rasanya juga tak perlu terburu-buru karena kapasitas resto yang mencapai 200 orang ini cukup nyaman.

Harga yang ditawarkan untuk olahan gurami juga tak terlalu mahal. Aneka masakan gurami ditawarkan dengan harga Rp 27.000-35.000 untuk porsi individu. Sedangkan hidangan ayam bisa disantap dengan membayar Rp 14.000-18.000 per porsi.

Sementara itu, harga lauk dan pelengkap lain berkisar antara Rp 4.000-18.000. Sebagian sudah termasuk nasi dan lalap. Berbagai pilihan minumanpun dihargai tak lebih dari Rp 16.000. Agaknya tak salah pilihan kami mampir ke resto ini untuk menikmati ikan gurame yang gurih enak! Nyam-nyam!

Radja Gurame

Jl. Pesanggrahan Raya No. 63B RT 004/006

Kembangan Selatan, Jakarta Barat

Telepon: 021-5822148, 5822149

Jl. Cempaka Putih Raya No. 137

Komplek Pertokoan Pondok Gede Plaza No. 37

Telepon: 021-8463819, 84900610

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment