Sunday, January 6, 2013

Makan Mochi Bisa Berujung Kematian


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Di Jepang mochi merupakan hidangan wajib saat perayaan tahun baru. Rasanya manis kenyal dan lembut. Karenanya mochi sangat disukai banyak orang. Namun, jika tak berhati-hati menyantapnya, mochi bisa menyebabkan kematian!

Mochi dibuat dari tepung ketan yang secara tradisional dibuat dengan cara menumbuk bera ketan dalam tumbukan kayu. Mochi Jepang biasanya diisi dengan isian manis seperti kacang merah, stroberi, bahkan es krim.

Saat tahun baru mochi di Jepang dijual dalam bentuk seperti snowman yang dibuat dari dua mochi yang ditumpuk dan disebut kagami mochi. Mochi ini disajikan sebagai dekorasi sampai akhirnya dimakan pada tanggal 1 Januari.

Meskipun kenyal manis, perlu berhati-hati saat mengonsumsi mochi. Karena di balik teksturnya yang kenyal dan lengket, mochi sangat sulit untuk ditelan dan berisiko bisa tersedak.

Seperti dikabarkan Rocket News 24 (05/12/2012), menurut laporan Tokyo Fire Department, sudah ada dua orang meninggal dan 15 orang wanita dan laki-laki yang dilarikan ke rumah sakit karena tersedak mochi.

Tekstur mochi yang lembut dan rasa manis lembut menjadi salah satu hidangan yang disukai oleh para orang lanjut usia. Sebelum tahun 2013 tercatat beberapa kasus kematian orang lanjut usia karena mochi. Tahun 90 an ada satu orang, tahun 80 an ada delapan orang, tahun 70 an ada tiga orang, dan tahun 60 an ada tiga orang.

Pada tanggal 1 Januari , seorang pria berumur 68 tahun di Shinagawa Ward, Tokyo dilarikan ke rumah sakit setelah tersedak mochi yang ia makan di rumah. Pria inipun meninggal karena tak terlambat ditolong.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment