Wednesday, January 2, 2013

Mulus Gurih Gindara Tobiko Zen


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Memanjakan selera di awal tahun bisa memicu semangat. Seperti menyantap racikan nasi komplet khas Jepang ini. Cawam mushi yang mulus menjadi pembuka santapan bento box. Fillet ikan gindara yang lembutpun diselimuti mayones dengan taburan tobiko yang krenyes gurih. Ah, sedapnya!

Kiyadon Sushi memang terkenal dengan racikan sushi yang beragam dan lezat. Ini bisa langsung terasa dengan adanya sushi bar yang dilengkapi dengan belt berjalan yang ada di bagian tengah resto Jepang ini. Tatanan interior serba kayu memperkuat nuansa negeri sakura.

Pasalnya, menyatap sushi yang terlihat kecil dengan rasa gurih renyah dan segar kadang tidak terasa. Apalagi aneka topping yang serba menggiurkan selalu melintas di atas belt berjalan yang ada di bagian tengah resto ini. Karena tak ingin tergoda maka kamipun memilih duduk di loaksi agak jauh dari sushi belt.

Ternyata Kiyadon Sushi punya sejumlah menu a la carte yang tak kalah menarik. Dari aneka salad, sup, hingga ramen dan tentu saja racikan nasi atau set menu. Set menu menjadi pilihan kami karena ingin menikmati lunch set atau bento box yang praktis dan komplet.

Wah, pilihannya juga sangat menggoda. Dari Cuury Rice, nasi dengan topping lauk langsung alias Don dan nasi dengan set menu yang disebut Zen. Lauknya tinggal dipilih bisa ayam, daging sapi, salmon, gindara, dan ada yang dipanggang atau digoreng dengan balutan tepung.

Gyu Katsu Zen (Rp, 68.000,00), set menu berlauk irisan tipis daging sapi yang dibalut dengan adonan tepung panir ini disajikan di atas piring putih. Dilengkapi salad kol dan timun, semangkuk miso soup dan nasi putih. Tampilannya mirip dengan jenis katsu lain, hanya saja sedikit kecokelatan karena memakai daging sapi.

Potongan pertama terasa gurih renyah. Daging sapinya tidak terlalu berlemak dan tidak terlalu tebal hingga terasa krenyes. Apalagi setelah dicelup saus Bulldog, saus BBQ khas Jepang yang gurih dengan semburat pedas wasabi. Saus kecokelatan ini memang saus wajib pendamping aneka sajian Katsu.

Miso soupnya pun tak mengecewakan, irisan wakame yang lebar berselingan dengan tofu yang dipotong dadu kecil. Misonya terasa gurih kuat dengan aroma kedelai yang harum. Slruuup.. pas buat mengiringi renyahnya Gyu Katsu.

Sedikit berbeda Gindara Tobiko Zen (Rp. 148.000). Set menu ini disajikan dengan Chawan Mushi, Miso Soup dan nasi. Yang memikat justru fillet gindara yang disiram saus berwarna sedikit oranye. Fillet gindara dipanggang dengan siraman mayones dan tobiko.

Saat menyentuh mulut terasa sangat gurih. Tektur ikannya lembut dan mayonesnya terasa sedikit renyah. Ini karena butiran tobiko yang dipanggang hingga pecah dan sedikit mengering. Sedikit selada kol membuat rasanya krenyes segar.

Hmm... yang sangat mulus mengelus lidah adalah cawan mushi. Sup custard telur ini sangat halus lembut teksturnya, dikukus dengan suhu tepat. Di atasnya diberi seiris kamaboko dan jamur shiitake. Saat menyendok adonan sup custard ini di bagian bawahnya tersembul udang yang kenyal gurih.

Wah, suapan gindara yang lembut, sup yang mulus dan miso soup yang hangat harum ternyata membuat perutpun cepat terasa sesak. Sebuah sajian makan siang yang komplet dan mantap. Iringan ocha hangat yang smeerbakpun menyempurnakan makan siang kali ini. Tak menyesal rasanya memulai tahun baru dengan sajian lengkap ini. Gambatte kudasai!

Kiyadon Sushi

Senayan City L 23, LG Floor

Jl Asia Afrika no. 19

Jakarta Selatan

Telepon: 021-72781778

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment