Friday, December 28, 2012

Anak Suka Buah Karena Rutin Makan Bersama Keluarga


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Makan bersama keluarga memang diketahui dapat membangun pola makan yang baik. Buah dan sayuran akan lebih banyak untuk dikonsumsi. Tidak perlu setiap hari cukup sekali dalam seminggu, jika rutin diterapkan asupan buahpun jadi meningkat.

Hubungan antara makan bersama keluarga dengan peningkatan konsumsi sayuran pernah diteliti. Sebuah studi barupun kembali dilakukan. Kali ini tim peneliti akan menghubungkan antara makan bersama keluarga dengan jumlah konsumsi buah dan sayuran pada anak-anak.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds melibatkan 2.389 anak-anak usia sekolah dasar. Semua responden berasal dari 52 sekolah di Inggris. Proses penelitian dilakukan dengan menganalisis pola makan mereka selama di sekolah dan di rumah.

Hasil studipun menunjukkan bahwa sebanyak 63% responden makan buah dan sayurnya kurang dari lima porsi sehari. Sedangkan sisanya cenderung makan buah dan sayuran dalam porsi lebih. Hal ini dikarenakan 47% responden, rutin makan bersama keluarganya meskipun sekali dalam seminggu.

Berdasarkan hasil pengamatan, kebanyakan keluarga akan berbagai makanannya saat berada di meja makan. Misalnya dengan mengambilkan sayuran ke piring anak juga buah dan lauk-pauknya.

Kehidupan modern menjadi penghambat untuk kumpul bersama keluarga di meja makan. Namun penelitian ini menunjukkan bahwa hanya makan siang bersama di hari Minggu dapat membantu meningkatkan pola makan yang baik di dalam keluarga. ujar Meaghan Christian, salah satu peneliti dari University of Leeds kepada HuffingtonPost (23/12/2012).

Para tim peneliti juga menganjurkan agar para orangtua agar memberikan buah dan sayuran dalam porsi lebih. Sekitar setengah porsi lebih banyak dari yang dianjurkan dalam sehari.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment