Thursday, December 20, 2012

Stollen Cake, Kue Jerman yang Punya Hari Perayaan


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Warga Jerman punya satu cake istimewa bernama stollen cake. Rasanya begitu manis legit dengan aneka buah kering di dalamnya. Ditambah marzipan yang legit wangi di bagian dalam. Cake ini sudah mendunia, dan jadi andalan cake shop terkemuka saat menjelang hari natal.

Jika Italia punya panettone, Jerman juga punya stollen. Stollen yang juga disebut dengan weihnachtsstollen atau christstollen ini konon sudah dibuat sejak abad ke 15. Mulanya, kue ini lebih mirip roti dengan komposisi terigu, ragi dan air. Namun stollen makin berkembang, dan tampilan serta rasanya kini lebih 'meriah'.

Sekitar tahun 1647, adonan sederhana tersebut sudah mulai ditambahkan dengan mentega. Kini, adonan tersebut sudah makin kaya dengan tambahan almond, gula, aneka buah kering, serta rempah kayu manis dan cengkeh. Selain itu, di dalamnya juga terdapat marzipan yang terbuat dari gula dan almond bubuk. Rasanya jadi legit, wangi dan enak.

Di kota Dresden, Jerman, stollen diperlakukan begitu istimewa, dan biasa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan terbaik. Bahkan sejak tahun 1994, diadakan acara tahunan bernama Dresden Stollen Festival yang selalu dibanjiri pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Festival yang juga disebut Striezel Market ini baru saja dilaksanakan awal Desember lalu. Seperti perayaan di tahun-tahun sebelumnya, para juru masak selalu membuat stollen cake dengan ukuran super besar. Tahun ini, kue yang dibuat kabarnya memiliki berat sekitar 4 ton dengan panjang 4 meter!

Untuk membuat stollen, ada beragam bahan yang harus disiapkan. Dari terigu, susu yang sudah dicampur ragi, campuran aneka buah kering, gula, telur, mentega, almond cacah,dan kayu manis. Semua bahan diuleni bersama dan diistirahatkan selama kurang lebih 20 menit.

Selanjutnya, adonan stollen dipipihkan dan diberi marzipan yang dibentuk silinder di bagian tengah. Kemudian adonan dilipat dan dimasukkan ke dalam loyang. Stollen siap dipanggang sekitar 40 menit hingga mengembang dan matang.

Stollen yang sudah matang kemudian diselimuti dengan tambahan gula halus di sekelilingnya. Rasanya manis legit dengan krenyes buah kering yang enak. Cocok jadi sajian natal ataupun jadi hantaran ke rumah kerabat. Jangan lupa dinikmati bersama kopi ataupun teh.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment