Tuesday, December 25, 2012

Gedong Gincu, si Cantik yang Ampuh Cegah Osteoporosis


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Saat ini sedang musim mangga. Aneka jenis mangga seperti mangga golek, Indramayu, harum manis, ataupun apel mudah didapat. Termasuk mangga gedong gincu yang rasanya manis asam berserat. Ternyata mangga ini punya nutrisi hebat.

Mangga gedong berasal dari Kabupaten Majalengka. Meskipun ukurannya terbilang kecil, mangga ini punya daging buah yang tebal, manis, berair, dan berserat. Karena itulah diberikan nama 'gedong' atau mewah. Sedangkan nama 'gincu' yang berarti lipstik, berasal dari warna kulit buahnya yang kemerahan cantik di bagian pangkalnya.

Buah yang dibudidayakan di Cirebon dan Indramayu ini ternyata menyimpan banyak nutrisi. Mengandung beta karoten, vitamin A, B, C dan D serta serat, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Per 100 gramnya mengandung 65 kkal, 1,8 g serat, 0,51 g protein dan 17 g karbohidrat.

Selain itu juga mengandung sejumah mineral seperti potasium, yang dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Zat besi untuk mengurangi gejala anemia, juga selenium yang dapat mencegah serangan jantung. Sedangkan kandungan kalsium di dalamnya dapat membantu mengurangi gejala pengeroposan tulang.

Agar manfaatnya cepat terasa, mangga gedong gincu bisa dinikmati setiap hari. Di makan segar, dibuat jus, atau jadi campuran puding. Sebaiknya pilih mangga yang masak pohon dan berukuran besar dengan warna kuning oranye kemerahan yang merata dan beraroma wangi.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment