Thursday, December 27, 2012

Satu Lagi Wagyu Steak Murah di Jakarta!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Beberapa tahun terakhir, steak wagyu menjadi populer di Indonesia. Terutama setelah bermunculan tempat makan yang menawarkan beefsteak wagyu dengan harga terjangkau. Termasuk Gowagyu Steak yang terletak di Jakarta Barat.

Wagyu secara harfiah berarti sapi Jepang. Sapi dari jenis tertentu dibiakkan dan diberi perlakuan khusus, sehingga menghasilkan daging berkualitas tinggi. Salah satu ciri yang paling terkenal dari daging wagyu adalah marbling dengan grade tinggi, atau lemak yang terjalin dalam otot membentuk pola marmer.

Apalagi lemak pada daging wagyu memiliki titik leleh yang lebih rendah dibanding daging sapi biasa. Karena itu, teksturnya lembut dan terasa meleleh di mulut. Rasa dan aromanyapun juara. Tak hanya itu, daging wagyu juga disebut-sebut lebih bernutrisi karena mengandung asam omega 3 dan 6 yang lebih tinggi dibanding daging sapi jenis lain.

Ada kualitas, ada harga. Daging wagyu dikenal mahal, namun tergantung dari gradenya yang dimulai dari 1 (paling rendah) hingga 9 (paling tinggi). Karena itu tak heran jika steak wagyu bisa disajikan di luar restoran bintang lima.

Gowagyu steak hadir sebagai pesaing baru di bisnis restoran wagyu dengan harga terjangkau. Outletnya di Pesanggrahan, Jakarta Barat, menempati bangunan yang cukup luas. Konsep casual dining yang homy terlihat dari dinding yang tertutupi bata putih, elemen kayu, pajangan mungil seperti vas dan pigura foto, serta sofa yang menempel sepanjang dinding. Sementara itu, area outdoornya terasa seperti teras rumah yang menghadap taman.

Mumpung di sini, tentu saya harus mencoba sajian wagyunya. Ada delapan pilihan wagyu, mulai dari harga Rp 49.900-199.900. Saya memilih 'Gowagyu X' (Rp 59.900) dengan tingkat kematangan medium dan pilihan saus 'Holy Mushroom'. Wagyu yang saya pilih ini diberi tanda bintang, alias 'recommended'.

Di atas piring, separuh bagian steak berlumur saus berwarna broken white. Beefsteak yang bergaris-garis menyilang bekas grill ini didampingi dengan setup buncis, jagung manis, dan wortel, serta French fries.

Beefsteak berukuran 200 gram ini tampak tipis dan melebar. Warnanya cokelat pucat agak pink karena dipanggang setengah matang. Saat diiris dengan pisau, teksturnya terasa agak alot dan sari dagingnya tak tampak keluar karena dagingnya tipis. Perlu sedikit usaha saat mengunyahnya. Hmm... Ternyata tidak lembut juicy seperti yang saya harapkan.

Rasa gurih susu kuat terjejak saat mencicipi saus jamurnya. Sedangkan irisan jamur shiitake yang tipis melebar hanya selintas saja. Sementara itu, setup sayurannya terasa renyah manis dan diblansir dengan kematangan yang pas. Kentang gorengnyapun terasa gurih bumbunya.

Saya juga mencoba hidangan lain yang banyak dipesan di sini, yakni 'Grilled Fish' (Rp 50.000). Fillet ikan John Dory disajikan dengan salad sayuran (selada, wortel, mentimun, serutan wortel, dan mayones), saus asam manis di dalam gelas kecil, serta French fries. Juga irisan jeruk nipis untuk diperas di atas ikan.

Daging ikannya tipis dan sangat lembut. Tak perlu pisau, cukup dengan sendok dagingnya akan terpotong. Fillet ikan panggang ini dilumuri bumbu shoyu yang ringan encer, plus sedikit lada hitam. Saat disantap, bumbunya kurang terasa. Barulah setelah diberi air jeruk nipis, terasa lebih segar. Nah, setelah dicelupkan ke saus asam manis barulah terasa lebih berbumbu lagi.

Untuk minumannya, saya memesan 'Lychee Ice Tea' (Rp 14.000). Terjejak sedikit rasa leci, manis namun terkadang pahit. Di dalamnya terdapat bola-bola putih mungil yang berisi sirup kental, sehingga 'meletus' di mulut saat digigit.

Penasaran dengan rasa lobi-lobi, saya melengkapi santapan steak dengan jus lobi-lobi (Rp 18.000). Ternyata setelah dibuat jus, buah mungil berwarna merah ini jadi terasa manis, sedikit asam, dengan semburat pahit. Warnanya pink oranye, dan menurut staf restoran jus ini terbuat dari buah lobi-lobi segar.

Sayang di sini hanya menerima kartu debit BCA dan Mandiri. Jadi, kalau Anda bersantap di sini dan tak punya keduanya, siapkan uang tunai saja!

Gowagyu Steak

Jl. Pesanggrahan 28 E, Kembangan

Jl. Tanjung Duren Barat 1 Blok G2-20

Buka: Setiap hari, pukul 11:00-23:00

Website: www.gowagyu.com

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

1 comment:

  1. Wohooo ini dia liputan spesial buat penggemar daging sejati. Check this out » https://www.youtube.com/watch?v=EXIONB3zUDQ #Kuliner

    ReplyDelete