Tuesday, December 25, 2012

Ingin Sayuran Rebus Tetap Cantik dan Bernutrisi? Ikuti Tips Ini!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Menjelang akhir tahun pastinya banyak hidangan lezat yang kurang sehat. Untuk mengimbanginya, Anda perlu memakan banyak sayur. Memang, ada sayur-sayuran yang bisa dimakan mentah. Namun, sebagian lain perlu direbus agar lebih enak dimakan.

Teknik rebus untuk sayuran dikenal dengan nama blansir. Blansir atau blanch adalah cara merebus cepat. Tujuannya untuk membersihkan, melunakkan, atau menghilangkan rasa tajam pada makanan. Karena tidak dimasak secara cepat, tekstur renyahnya masih terjaga. Teknik ini juga digunakan untuk mencegah perubahan rasa, warna, serta rusaknya tekstur makanan dan nutrisi akibat proses pemasakan yang lama.

Metode blansir dapat diterapkan pada beragam makanan, termasuk buah, kacang-kacangan, dan daging. Namun, biasanya yang diblansir adalah sayur-sayuran bertekstur keras seperti wortel, brokoli, dan asparagus. Proses blansir juga dapat dilakukan dengan teknik pengukusan, namun umumnya dilakukan dengan merebus makanan.

Cara memblansir

Bagaimana cara memblansir sayur yang benar? Menurut situs The Kitchn, siapkan sayur, sebaskom air es, sepanci air, pisau dan talenan, saringan, serta garam. Selanjutnya, didihkan sepanci air dengan api besar. Sambil menunggu, potong-potong sayuran dengan ukuran seragam agar nanti matang merata. Hal ini dilakukan mendadak untuk mencegah oksidasi.

Jika suka, tambahkan garam ke dalam air mendidih. Garam membantu mempertahankan warna dan memperbaiki rasa sayuran. Kemudian, masukkan sejumlah kecil sayuran agar airnya terus mendidih. Setelah 30 detik, ambil sepotong sayuran, celupkan ke dalam air es, dan cicipi apakah sudah pas matangnya. Biasanya, memblansir sayuran memerlukan waktu 2-5 menit.

Setelah matang, segera angkat sayuran dengan saringan dan masukkan ke baskom air es. Langkah yang disebut 'shocking' ini berfungsi untuk menghentikan proses memasak. Sesuaikan waktu perendaman dengan lama perebusan. Jadi, jika tadi sayuran direbus selama tiga menit, maka diamkan sayuran dalam air es selama tiga menit pula. Setelah itu, tiriskan. Sayuran siap dikonsumsi.

Tips

Kalau ada beberapa sayuran yang perlu diblansir, pisahkan satu per satu. Mulailah dari yang warnanya paling cerah atau muda, karena warna yang pekat dapat luntur di air dan mengenai sayuran selanjutnya. Jika menggunakan teknik mengukus, hentikan proses mengukus jika warna sayuran sudah terlihat cerah. Langsung masukkan ke air es.

Proses memblansir membutuhkan perhitungan waktu yang tepat. Kalau terlalu matang, nutrisi, rasa, warna, dan tekstur sayuran akan rusak. Namun, kalau belum matang, aktivitas enzim yang ingin dilumpuhkan justru malah semakin meningkat. Sebaiknya gunakan timer saat memblansir.

Untuk menambah citarasa sayuran, sesaat sebelum disajikan, tumis sebentar dengan mentega, angkat dan sajikan segera.

Jika tidak akan dikonsumsi segera, masukkan sayuran ke dalam kantong plastik lalu simpan dalam freezer. Saat akan disajikan, biarkan dalam suhu ruangan dan siram dengan air dingin lalu tiriskan.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment