Friday, December 28, 2012

Mau Wine atau Beer? Atau Wine Beer?


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Penggemar wine dan bir bisa bersenang hati. Kini tak perlu lagi minum wine dan bir dari 2 botol berbeda. Sebuah perusahaan bir memperkenalkan jenis minuman baru yang diperkenalkan di akhir tahun ini. Rasanya yang unik membuat banyak orang penasaran.

Tak hanya makanan yang kenal akan kolaborasi atau fusion, minuman juga. Blue Moon Brewing Co yang terkenal akan Belgian White Ale, melakukan kolaborasi dua jenis minuman yang populer di dunia. Bir dan wine.

Perpaduan dua jenis minuman ini merupakan obesesi sang pemiliknya, Keith Villa yang mengantongi gelar PhD untuk brewing dari University of Brussels. Sukses dengan produk bir yang memakai lambang bulan sabit biru di labelnya membuat Villa ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Produk baru ini bernama Vintage Ale Collection punya dua varian. Proximity, yang merupakan hasil brewing wheat ale dan jus anggur Sauvignon Blanc. Sedangkan Impulse merupakan paduan brewing wheat ale dengan jus anggur Cabarnet Sauvignon.

Kandungan alkohol kedua jenis bir wine ini 8.5% dimana 51% nya berasal dari gandum dan 49% nya berasal dari buah anggur. Karena kandungan alkohol gandumnya sedikit lebih tinggi dari rata-rata kandungan alkohol bir maka minuman ini dianggap sebagai bir meskipun bercitarasa wine.

Karenanya saat dijual bir wine ini digolongkan sebagai bir. Citarasa minuman ini memang kombinasi bir dan wine. Ada krenyes lembut buih bir seperti rasa Blue Moon ale dan rasanya persis wine umumnya.

Kini bir wine ini sudah mulai banyak dijual di toko minuman. Ada juga beberapa perusahaan minuman yang mencoba membuat kombinasi rasa wine dengan bir. Hanya saja mereka memakai cara praktis, menambahkan citarasa jus anggur ke dalam bir tanpa melalui fermentasi.

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment