Saturday, December 29, 2012

Wouw, Ada Koin Keberuntungan di Dalam Kue Tahun Baru Yunani!


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Bagi masyarakat Yunani tahun baru tidak lengkap tanpa kue yang legit ini. Dilihat dari luar kue ini terlihat seperti cake pada umumnya. Namun, jika beruntung Anda akan menemukan koin tanda keberuntungan di dalamnya.

Kue khas Yunani ini bernama vasilopita. Berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'kue manis St. Basil'. Kue berbentuk bundar ini menjadi hidangan wajib saat menjelang tahun baru bagi masyarakat Yunani dan Eropa Timur. Vasilopita mempunyai tekstur yang lembut dan rasanya manis yang menjadi lambang manisnya hidup, kebebasan, kesehatan, dan kebahagiaan.

Tradisi kue vasilopita ini berkaitan dengan legenda St. Basil. Dikatakan St. Basil memanggil masyarakat Caesarea untuk meningkatkan uang tebusan guna menghentikan serangan terus menerus pada kota tersebut. Setiap orang memberikan emas dan perhiasan mereka. Saat melihat hal itu para musuh menjadi malu dan segera menghentikan penyerangan.

St. Basil ingin mengembalikan barang-barang pemberian tersebut. Masalahnya ia tidak tahu siapa saja pemilik barang-barang tersebut. Jadi, ia memasukkan perhiasan dan emas dalam adonan kue atau roti lalu membagikannya. Ajaibnya, orang mendapatkan barang yang mereka berikan terdahulu.

Pada hari tahun baru para keluarga memotong vasilopita untuk memberkati rumah dan membawa keberuntungan untuk tahun yang baru. Kue ini biasanya disiapkan pada tengah malam saat perayaan tahun baru. Satu koin diselipkan di adonan kue sebelum dipanggang.

Setelah kue jadi, kue mulai dipotong dan dibagikan dari urutan yang paling tua sampai yang paling muda. Setiap potongan ini mempunyai simbol tersendiri, seperti potongan pertama lambang kenangan terhadap Yesus Kristus dan kedua lambang Bunda Maria.

Kue ini dibuat dari mentega, kulit lemon parut, gula, telur, tepung, susu, sari lemon, walnut, pistachio, dan almond. Proses pembuatannya tak beda dengan cake biasa. Hanya saja sebelum dipanggang, satu buah koin diselipkan. Setelah matang kue ditaburi gula bubuk hingga terlihat lebih cantik.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment