Friday, December 21, 2012

Berikan Susu Dua Jam Sebelum atau Setelah Makan


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta -
Bagi anak-anak susu merupakan minuman wajib. Kandungan protein, kalsium dan vitaminnya menjadi andalan asupan nutrisi. Sesuai pertambahan usia, susu tetap harus diberikan bersama pemberian makanan utama. Hanya saja harus tepat waktunya.


Wajib minum susu selalu ditekankan oleh ahli gizi, salah satunya adalah Emilia J. Achmadi, ahli gizi dari Klinik Kardiovaskular Cinere. Saat ditemui detikFood, ia menghimbau agar anak-anak selalu diberikan susu setiap hari sebagai minuman wajib. Karena kandungan nutrisinya tidak bisa digantikan dengan makanan.


Jenis makanan yang diberikan untuk anak tentunya bervariasi. Begitu pula dengan nutrisinya seperti natrium, serat, asam oksalat dan fosfor. Meskipun menyehatkan, namun diketahui dapat menghambat penyerapan kalsium yang ada di dalam susu.


Meskipun begitu ia juga menyarankan untuk tidak memberikannya langsung setelah makan atau bebrapa saat sebelum makan. Sebaiknya berikan susu dua jam sebelum atau sesudah makan. Agar kandungan kalsium dalam susu bisa terserap dengan sempurna.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment