Wednesday, December 26, 2012

Jangan Takut Gemuk, Menu Natal Justru Bernutrisi Tinggi


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Hari raya Natal biasanya menjadi momen untuk makan berlebihan. Pasalnya, aneka makanan tersaji berlimpah dan menggoda untuk dicicipi. Tak perlu merasa bersalah karena makan banyak. Menu Natal justru memiliki nutrisi tinggi yang dibutuhkan tubuh.

Menu ayam kalkun, christmas pudding, wine, dan aneka main course serta dessert seringkali membuat rasa bersalah. Senang karena makan enak, namun menyesal pada akhirnya karena merusak diet. Jangan khawatir, beberapa menu Natal memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Salah satunya adalah kalkun. Ayam besar yang diberi isian dan dipanggang ini rasanya begitu lezat gurih. Warna cokelat mengilap dan irisan daging lembutnya sulit ditolak.

Menurut penelitian yang dimuat Daily Mail (26/12), ayam kalkun mengandung protein tinggi. Asam amino di dalamnya juga membantu perbaikan sel dalam tubuh. Serotonin yang dikandung kalkun mampu meningkatkan imunitas tubuh. Juga membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Makan malam saat Natal juga tak komplit tanpa red wine. Minuman yang dibuat dengan proses panjang ini mengandung antioksidan yang mencegah penyakit jantung. Menurut ahli jantung Geoffrey Tofler, mereka yang mengonsumsi red wine dalam jumlah tak berlebihan memiliki tingkat kolesterol baik atau HDL yang lebih tinggi.

Dessert Natal khas Inggris, Christmas pudding juga punya kandungan hebat. Siapa sangka jika pudding yang berbentuk lingkaran ini baik untuk persendian. Kayu manis di dalamnyalah yang berperan untuk mengurangi inflamasi dan membuat gula darah stabil. Buah kering yang digunakan dalam Christmas pudding juga bisa menambah energi.

Paduan pala, kayumanis dan cengkih di dalam dessert ini juga bisa menghasilkan allylbenzenes dan propenylbenzenes yang bisa memasok energi. Umumnya, puding ini dibuat dari komposisi gula palem, sirus tebu, dan juga sari jeruk ataupun minuman beralkohol.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment