Wednesday, December 19, 2012

Resep Makanan Para Chef Selebriti di TV Ternyata Kurang Sehat


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Saat melihat acara masak-memasak di TV, pasti Anda langsung tergiur dengan hidangan dan resep yang ditampilkan. Namun, sebuah studi menyebutkan resep dari chef yang tampil di TV ternyata lebih kurang sehat dibandingkan makanan siap saji di supermarket.

Para peneliti dari NHS Tees dan New Castle University membandingkan konten nutrisi dari hidangan-hidangan tersebut. Pada bulan Desember 2010, peneliti memilih lima besar buku resep chef TV di amazon.com. Termasuk '30 Minute Meals and Ministry of Food by Jamie Oliver', 'Baking Made Easy by Lorraine Pascale', Nigella 'Lawson's Kitchen' dan 'River Cottage Everyday by Hugh Fearnley-'Whittingstall.

Mereka membandingkan konten nutrisi 100 resep yang dipilih secara acak dari buku resep tersebut dan 100 makanan siap santap dari supermarket seperti Tesco, Asda, dan Sainsbury's.

Studi yang diterbitkan di edisi natal British Medical Journal di bmj.com, menemukan bahwa tidak ada resep ataupun makanan siap santap yang memenuhi standar asupan gizi WHO untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan diet. Resep dari buku masak chef TV pun menghasilkan lampu merah atau peringatan dibandingkan makanan siap santap.

Dikatakan hidangan-hidangan dari resep tersebut mengandung lemak jenuh, protein, dan energi lebih banyak dan kurang serat. Resep-resep tersebut juga lebih cenderung berlabel merah (tidak sehat) menurut Food Standards Agency (FSA) Inggris.

Peneliti menyarankan buku resep harusnya mengandung bimbingan nutrisi, seperti yang dijelaskan di setiap produk makanan. Kami mengundang berbagai macam peneliti yang meningkatkan isu seperti ini dan faktanya buku resep terbaru Jamie, 1'5 Minute Meals 'memang tidak mengandung konten kalori dan dan informasi nutrisi pada setiap penyajian hidangan, kata juru bicara dari Jamie Oliver kepada Independent (19/12/2012).

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment