Friday, December 28, 2012

Rusia Produksi Vodka Gangnam Style


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Wabah Gangnam Style yang dibawa penyanyi asal Korea Selatan, Psy, menyebar ke dunia internasional. Makanya, banyak perusahaan memanfaatkan popularitasnya untuk meningkatkan ketertarikan terhadap produk mereka. Tak terkecuali vodka buatan Rusia.

Seperti diberitakan Huffington Post (27/12/12), perusahaan Woobo International asal Rusia berencana menggunakan frase 'Oppa, Gangnam Style' untuk mempromosikan merek vodka. Pada 26 September 2012, perusahaan ini mendaftarkan merek dagang 'Gangnam Style' kepada U.S. Patent & Trademark Office untuk tiga kategori: action figure, snack berbahan sayuran, dan minuman beralkohol selain bir.

Agustus lalu, label rekaman Psy YG Entertainment Inc. mendaftarkan 'Gangnam Style' sebagai merek dagang di Amerika yang meliputi berbagai barang, mulai dari mainan hingga pakaian. Namun, minuman luput dimasukkan dalam daftar ini, sehingga Woobo International berkesempatan mengambil alih.

Namun, para ahli hukum skeptis vodka tersebut dapat mengekor kesuksesan Psy yang bernama asli Park Jae-sang. Menurut Vadim Kormilitsyn, video klip Gangnam Style yang mencapai lebih dari 1 miliar view di Youtube tak menjamin viewership dan loyalitas. "Pengguna Youtube sekadar menonton, lalu melupakannya," ujarnya kepada situs RT (25/12/12).

Hal serupa dikemukakan oleh Anton Korobkov-Zemlyansky, pemilik sebuah agensi media. "Popularitas video tersebut sekarang ini tak lagi naik. Rasanya tak ekonomis menghasilkan uang di saat ini," ia berpendapat. Lagipula, pendaftaran merek dagang ini akan memakan waktu lebih dari setahun. Di saat itu, Gangnam Style akan terlupakan.

"Jika popularitas Psy di dunia bertahan hingga 2-3 tahun, tak hanya vodka yang akan diluncurkan. Tapi juga semuanya, mulai dari suvenir hingga pakaian," ujar Nikolay Solabuto dari perusahaan investasi Trade-Portal.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment