Friday, December 14, 2012

Bir Westvleteren XII Mulai Dipasarkan di Amerika Serikat


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Bir apa yang terbaik dan paling dihormati di dunia? Tentu saja Westvleteren XII. Bir ini hanya tersedia di biara St. Sixtus, Belgia. Bir yang sangat sulit didapatkan ini kini dipasarkan secara terbatas di Amerika Serikat.

Bir Westvleteren XII diproduksi oleh biarawan Trappist di Belgia. Untuk membeli bir ini harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Tapi, jangan banyak berharap karena penjualan bir ini sangat dibatasi. Mereka hanya memproduksi sekitar 3.800 barrel setiap tahunnya sejak tahun 1945.

Karena itu penjualan sampai ke Amerika Serikat sempat mengundang pertanyaan dari masyarakat dunia. Ternyata ini karena biara St. Sixtus butuh renovasi dan kehidupan para 21 biarawan yang tidak memungkinkan untuk menghasilkan uang membuat mereka mengambil keputusan untuk menjual sedikit bir berharga mereka ke negara lain.

Saya rasa ini adalah terakhir kalinya, kata Mark Bode selaku juru bicara Westvleteren Brewery kepada NPR (14/12/2012). Mereka mengatakan, kami adalah biarawan, kami tidak butuh untuk menjadi komersil. Kami membutuhkan sedikit uang untuk membantu kami merenovasi biara kami dan setelah itu kembali ke normal lagi, tambahnya.

Mulai dari hari Rabu (12/12/2012), edisi terbatas bir ini dijual terbatas di beberapa wilayah Amerika Serikat. Bir ini hadir dalam kemasan gift box yang terdiri dari enam bir dengan isi 33cl dan dua gelas spesial. Satu gift box ini dihargai sekitar Rp 819.000.

Kehadiran bir langka di Amerika Serikat ini mengundang respon positif. Beberapa tempat yang menyediakan bir langka tersebut kewalahan dengan banyaknya permintaan yang datang.

Beer Table Pantry adalah salah satu tempat yang menyediakan Westvleteren XII di New York.

Telepon tidak pernah berhenti berbunyi, kata Mega McBrayer selaku manager toko bir tersebut kepada ABCNews (14/12/2012). Ia mengatakan toko menerima 24 kotak bir tersebut dan sebagian besar telah terjual.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment