Saturday, December 8, 2012

Galau Karena Putus Cinta? Atasi dengan Memasak!


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Saat stres tentu kehidupan terasa tak nyaman. Banyak aktivitas yang biasa dilakukan untuk membuat tubuh dan pikiran nyaman kembali. Dari berolahraga, menulis, melukis, belanja, hingga memasak. Ternyata memasak jadi cara jitu buat meredam stres.

Menurut Debbie Mandel, penulis buku Addicted to Stress seperti dimuat dalam nydailynews.com, memasak bisa kurangi rasa stres. "Masak merupakan pereda stress karena membutuhkan kreativitas. Saat stress bisa membuat perasaan mati rasa, memasak bisa kembali mengaktifkannya dengan aroma, rasa, sentuhan, tampilan visual, dan bahkan suaranya," jelas Debbie.

Rasa stres biasanya terjadi ketika banyak tekanan yang dialami. Bisa saja karena pekerjaan kantor menumpuk, krisis finansial, atau bahkan baru putus cinta.

Memasak untuk orang lain juga bisa menjadi terapi peredam stres. Memasak untuk orang terdekat dan mendapatkan pujian bisa menumbuhkan semangat lagi. "Memasak seperti melahirkan karena Anda mencampurkan semua bahan bersama untuk membuat sesuatu yang baru," kata Psychiatrist Carole Lieberman.

Debbie menambahkan jika memasak bisa membantu Anda melupakan masalah sejenak. Saat benar-benar dirudung rasa kalut, mengolah makanan bisa sedikit mengalihkan fokus Anda dari rasa sedih. Bahkan Lucy Saunders, seorang penulis buku dan website makanan mengaku menggunakan aktivitas memasak sebagai 'obat' untuk mengatasi rasa sakit hati.

Situs lifehack.com juga membeberkan manfaat memasak untuk redam stress. Emosi bisa tersalurkan saat sedang mengolah makanan. Wangi yang dikeluarkan aneka rempah dan bahan juga bisa menjadi aromaterapi yang menenangkan.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment