Wednesday, December 12, 2012

"Make Haste Slowly", Film Dokumenter Pembuatan Kecap Kikkoman

Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Tentu Anda kenal kecap Jepang Kikkoman. Setelah lebih dari 300 tahun, Kikkoman menyimpan sejarah panjang mengenai proses pembuatan kecap Jepang yang legendaris. Kini, cerita tersebut dituangkan ke dalam film dokumenter berjudul Make Haste Slowly: The Kikkoman Creed.

Kecap Jepang ini memang dibuat melalui serangkaian proses panjang. Dari mulai tahap fermentasi kacang kedelai, gandum, garam, dan juga koji-kin. Setelah menghasilkan campuran yang disebut moromi, kemudian didiamkan selama beberapa bulan sebelum akhirnya disaring, dikemas dalam botol dan didistribusikan.

Dalam bahasa Jepang, Make Haste Slowly berarti isogaba maware. Artinya adalah meningkat dan tumbuh dengan pengetahuan dan kepedulian. Selama ratusan tahun, Kikkoman sudah diturunkan pada 19 generasi. Kecap Jepang inipun masih tetap jadi produk populer di Jepang dan Amerika.

Tak hanya proses pembuatannya, namun diceritakan juga sejarah panjang Kikkoman, hingga akhirnya bisa masuk dan menjadi unggul di pasar Amerika.

Film Make Haste Slowly ini dibuat oleh director Lucy Walker, yang karya dokumenternya pernah dua kali dinominasikan di Academy Awards. Film berdurasi 24 menit ini rencananya akan dipublikasikan tanggal 23 Desember melalui situs www.kikkomanusa.com. Diharapkan, film ini bisa ditayangkan di Food Network ataupun acara televisi lainnya.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment