Monday, December 10, 2012

Buah dan Sayur Berwarna Oranye Cegah Kanker Payudara


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti wanita. Meski dapat disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan, penyakit mematikan ini juga dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi makanan tertentu. Salah satunya adalah makanan berwarna oranye.

Makanan berwarna oranye seperti wortel diketahui mengandung karotenoid. Karotenoid adalah pigmen organik yang memberikan warna oranye pada bahan pangan. Ada sekitar 600 karotenoid yang diketahui, di antaranya adalah karoten, lutein, dan lycopene.

Peneliti dari Brigham & Women's Hospital menganalisis delapan studi. Riset ini melibatkan 80% data dunia terkait plasma/serum karotenoid dan kanker payudara. Ada 3.055 subyek kasus dan 3.956 subyek kontrol yang diteliti.

Dari sini, ditemukan bukti bahwa karotenoid menghambat pertumbuhan kanker payudara ER-positive, atau kanker payudara yang tumbuh sebagai respon dari hormon estrogen.

"Diet yang banyak melibatkan buah dan sayuran tinggi karotenoid memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunnya risiko kanker payudara," kata peneliti studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute ini.

Karotenoid tak hanya dapat ditemukan di wortel, tapi juga di makanan lain yang berwarna jingga. Menurut situs UPI (09/12/12), makanan yang kaya betakaroten, alphakaroten, dan betacryptoxanthin tersebut di antaranya aprikot, mangga, labu parang, pepaya, dan ubi merah.

Bayam, kale, dan caisim ternyata juga mengandung betakaroten. Sayuran berwarna hijau ini merupakan sumber terbaik dari lutein. Karotenoid jenis lain, tepatnya lycopene, dapat ditemui pada tomat, jambu merah, dan pink grapefruit. Karotenoid bahkan juga dapat ditemukan pada beberapa hewan dan bentuk turunannya, seperti salmon, kerang-kerangan, susu, dan kuning telur.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment