Friday, December 7, 2012

Dengan Radiant Fryer Ini Makanan Bisa Digoreng Tanpa Minyak


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Hampir semua orang menyukai makanan goreng yang renyah. Namun, minyak yang menempel sering tidak disukai. Dengan mesin penggorengan tanpa minyak yang dikembangkan oleh ilmuwan makanan di Purdue University ini makanan renyah bisa dinikmati tanpa minyak.

Radiant Fryer, penggorengan menggunakan cahaya ini bisa memasak makanan tanpa minyak. Makanan tetap renyah dengan kandungan lemak dan kalori 50 persen lebih sedikit daripada makanan yang digoreng dengan minyak.

Penggorengan ini dikembangkan oleh Kevin M. Keener, profesor ilmu pangan di College of Agriculture. Mesin ini menggunakan energi yang setara dengan matahari untuk memasak makanan beku seperti daging ayam, hamburger, dan hashbrown. Makanan-makanan tersebut ditempatkan di wadah kawat yang dijalankan menyusuri panggangan di tengah mesin untuk memasak kedua sisinya.

Keiner mengatakan banyak makanan yang dijual di restoran cepat saji dibuat setengah matang di pabrik dan langsung dibekukan. Pekerja restoran biasanya menggunakan minyak goreng dengan panas tinggi untuk mematangkan makanan tersebut.

Penggorengan cahaya ini tidak memerlukan minyak tambahan untuk menyelesaikan proses tersebut. Berarti makanan yang dimasak menggunakan mesin ini bisa mempunyai kandungan minyak 30-50 % lebih sedikit daripada makanan yang dimasak dengan penggorengan biasa. Makananpun bisa lebih menarik karena rasa alami makanan lebih terasa dan minyak lebih sedikit, tutur Keiner kepada Purdue.edu (07/12/2012).

Mesin ini juga bisa meningkatkan kualitas penggorengan yang menggunakan minyak. Karena jumlah energi yang dipakai untuk menggoreng makanan bisa disesuaikan, waktu masak bisa menjadi 30 % lebih cepat dari penggorengan biasa. Dengan mesin ini para pekerja tidak perlu khawatir akan terkena cipratan minyak.

Selain berguna untuk restoran cepat saji, menurut Keener, mesin ini dapat digunakan untuk program makan siang di sekolah. Anak-anak sangat terbiasa dengan makanan cepat saji dan mereka mengkonsumsinya dalam jumlah besar tiap tahun. Dengan mesin ini, mereka dapat menikmati makanan cepat saji dengan kandungan lemak dan kalori lebih sedikit.

Walaupun mesin ini bisa digunakan untuk menggoreng makanan setengah matang yang sudah dibentuk, kandungan lemak dan kalori bisa dikurangi lebih banyak dengan menciptakan makanan yang secara khusus diciptakan untuk Radiant Fryer ini.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment