Friday, December 7, 2012

Disengat Lezatnya Spicy Seafood Basil si 'Belalang'


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Ingin yang pedas asam dan segar? Mampirlah ke sini. Di resto yang bermenu Thailand ini, hidangan diracik segar dan tanpa MSG. Tom Yum Taleynya berkuah cokelat kemerahan. Asam pedas dan wangi aroma serai dan daun ketumbarpun menguar. Slrupp...segar dan dijamin bikin melek!

Udara dan angin dingin disertai hujan memaksa kami mencari sajian yang hangat di badan. Ternyata tak salah pilihan kami saat memasuki Grassopher Thai yang ada di kawasan Benton Junction. Resto bercat putih ini ternyata memiliki interior cantik. Namanya pun unik!

Sofa melingkar dengan balutan sutera Thai warna biru muda dikombinasi dengan furnitur serba putih ada di bagian tengah. Langit-langitpun dihiasi sangkar burung bercat putih. Hmm..agaknya bukan sekedar bermenu Thailand tetapi serius pula dalam penyajian cita rasa negeri gajah putih ini.

Meskipun tidak terlalu banyak, menu yang ditawarkan cukup bervariasi jenisnya. Mulai dari camilan yang disebut Thai Tapas, salad, sup, aneka kari, hidangan tumis, sandwich, dessert hingga aneka minuman. Temrasuk hidangan populer Thai seperti salad mangga muda, salad pepaya, tom yum, curry hingga Thai Ice Tea.

Tom Yum, sup asam pedas khas Thai menjadi incaran kami karena udara sedang dingin. Sup yang diracik dari kaldu udang atau seafood, air asam, jeruk nipis, cabai merah, serai, daun jeruk dan daun ketumbar memang merupakan sup populer Thai yang ada di hampir semua resto Asia.

Ada beberapa jenis tom yum yang ditawarkan; tom yum goong, tom yum taley, tom kha kai, glass noodle soup dan spicy seafood basil. Semuanya menarik selera. Karena sedang dipromo, maka Spicy Seafood Basil (Rp.36.000,00) menjadi pilihan. Bayangan sup yang pedas asam dan panas mengepulpun sudah memenuhi pikiran kami.

Memang benar, sup seafood pedas yang disajikan mirip dengan tampilan tom yum. Kuahnya cokelat denagn semburat kemerahan. Isinya juga sangat lengkap, kerang hijau, udang, potongan daging kakap, dan jamur merang. Irisan batang serai, daun jeruk dan taburan daun ketumbar plus daun basil Thai pun menyembul di permukaan sup. Hmmm..aroma wangi serai, daun ketumbar dan basil langsung menggelitik hidung.

Slruup..sekali hirup langsung terasa tendangan kuat rasa asam dengan pedas cabai yang nyaris seimbang. Kuahnya pekat, tidak bening dan ini menandakan pemakaian bumbu yang royal. Belum lagi aroma saus ikan terasa sangat tajam. O,ya di meja santap juga disediakan sebotol saus ikan asli Thailand. Jadi tamu bebas menambahkan sendiri jika dirasa kurang.

Rasa hangat serai dan cabai langsung menjalari tenggorokan, mulutpun terasa segar. Barulah siap menyantap Tamarind Chicken (Rp.28.000,00) yang disajikan dengan nasi putih hangat. Potongan daging ayam yang berbalut tepung dan digoreng kering ini terasa gurih renyah.

Sausnya juga sangat merangsang selera. Asam Jawa yang asam segar terasa sangat kuat diselingi irisan cabai merah dan hijau yang pedas-pedas renyah. Disuap dengan nasi pulen yang wangi, benar-benar pas buat penghangat perut.

Paling jitu membilas gigitan pedas dan asam hidangan Thai dengan Thai Iced Tea (Rp.12.000,00). Racikan teh ini memakai teh bubuk khas dari Thailand. Saat diseduh teh hitam ini akan berwarna oranye kecokelatan dengan rasa sedikit sepet dan aroma wangi.

Air teh ini diaduk dengan susu kental manis dan makin enak jika ditambahkan es batu. Warna oranye kecokelatan Thai Iced Tea yang disajikan benar-benar menggoda. Sekali hirup langsung terasa sejuk, manis dan nyaman di lidah. Tanpa memesan dessertpun sajian es teh ini bisa menjadi pembilas yang pas!

Grasshopper Thai

Benton Junction 15

Lippo Karawaci

Telepon :021-68888424

The Flavor Bliss

Alam Sutera

Serpong, Tangerang

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment