Wednesday, December 12, 2012

Kembali ke Bistro Ini untuk Lembut Juicy Confit de Canrad


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Wah, serasa ada di sebuah bistro di Paris. Suasana yang nyaman dengan tantanan interior segar terbuka. Sajian duck confit bistro inipun mengelus lidah. Juga racikan escargots yang segar gurih dan membuat ketagihan. Karenanya selalu saja jatuh hati pada sajian lezat sang chef di bistro mungil ini.

Meski sudah beberapa kali bersantap di sini, selalu saja ingin kembali. Bistro mungil ini ada di belakang toko interior Decorum. Jadi saat menuju ke pintu masuk bistro mata bisa memandangi aneka pernik interior yang memikat desainnya. Begitu juga saat ada di dalam bistro yang ditata dengan interior kayu dengan sentuhan sofa dan cushion berwarna cerah.

Langit-langit yang tinggi, bukaan dengan kaca membuat cahaya dan suasana sejukpun terasa di dalamnya. Aneka pernik pigura yang digantung sebagai hiasan dinding juga bisa dibeli. Duduk di sofa yang nyaman dan perut lapar, membuat semua tampilan di daftar menu jadi sangat memikat.

Godaan pertama datang saat melihat menu Entrees. Racikan caesar salad, nicoise salad dan vol au vent yang enak harus saya lupakan sebentar. Karena Escargots a la Madeleine (Rp.75.000,00) lebih memikat selera. Padahal sup krim jamur dan labu yang lembut gurih racikan sang chef juga sangat menggiurkan.

Irisan baquette yang hangat empuk dan spiced butter menjadi pembuka sebelum mencicipi escargot. Kalau biasanya escargot dimasak dengan garlic butter dan disajikan dalam wadah khusus, maka Madeleine menyuguhkan dengan cara berbeda.

Di bagian bawah ada cacahan champignon yang ditumis dengan butter, renyah wangi. Di atasnya ditaruh escargot yang sudah dimasak dengan butter, garlic dan sedikit fresh cream. Kenyal-kenyal gurih dan wangi. Sebagai topping ada beberapa potongan butterhead lettuce yang renyah segar.

Untuk menyantapnya, saya lebih suka memadukan champignon dan escargot yang diolesi dengan saus krim, sedikit balsamic vinegar dan saus dried tomato yang sengaja ditaruh melingkari piring. Hmm...sensasi gurih kenyal, sedikit asam dan renyah lettuce di mulut benar-benar istimewa!

Melengkapi menu pembuka yang klasik maka duck confit pun saya pilih sebagai menu utama. Duck Confit atau Confit de Canrad merupakan sajian klasik Prancis yang berupa paha bebek. Teknik memasak tradisional yang sudah dikenal ratusan tahun ini memakai jus bebek untuk mengawetkan dan mematangkan dagingnya.

Karenanya proses memasaknya bisa lebih dari 3 hari. Slow cooking inilah yang menghasilkan cita rasa istimewa pada paha bebek. Tak heran jika kualitas resto Prancis diuji dari sajian duck confitnya. Confit de Canrad (Rp.165.000,00) disajikan cantik di atas piring putih.

Paha bebek yang tak terlalu besar, bagian luarnya ada bread crumbs yang renyah. Di bagian bawahnya ditaruh fennel orange salad. Sekali sentuh dengan ujung pisau langsung terkoyak dan tercium aroma gurih enak. O la la.. bagian kulitnya garing, bagian dalam daging pahanya lembut gurih. Benar-benar menunjukkan bumbu dan proses memasak yang merasuk sempurna.

Irisan tipis fennel, juring jeruk dan daun selada benar-benar renyah segar. Pantas sebagai pengiring duck confit yang empuk juicy. Ah, suapan pun jadi makin cepat meluncur ke mulut. Salut untuk sang chef yang sudah menggoyang lidah dengan sempurna!

Honey Glazed Chicken ( Rp. 65.000,00 ) yang ditaruh sebagai menu unggulan juga tak kalah lezat. Kali ini daging paha ayam tanpa tulang yang dipanggang dengan olesan bumbu madu. Warnanya kecokelatan, agak kering di bagian luar. Disajikan dengan butter rice dan bayam yang diblansir.

Tekstur daging paha ayam ini empuk, sedikit lembap dengan aksen bumbu madu yang tak terlalu manis. Serasi disuap dengan nasi yang diaduk dengan mentega berbumbu dan bayam yang masih crunchy segar. Kalau sedang kangen nasi rasanya sajian ayam panggang ini pas jadi penumpasnya.

Hmm.. sekali ini menu dessert yang menggiurkan harus saya lewatkan karena perut sudah penuh. Padahal mouse au chocolat, cold chocolate cheesecake dan warm cherries jubilee sungguh menggiurkan untuk membilas mulut. Dengan tarif sekitar Rp. 250.000,00 per orang sangat sebanding dengan kelezatan dan kesempurnaan sajian yang diberikan oleh bistro Prancis ini. Pastinya selalu ada alasan untuk kembali lagi!

Madeleine Bistro

Kemang89 Building, Jl. Kemang Raya no. 89,

Jakarta 12410

Ph: (021) 7179 4538

www.madeleinebistro.co.id

Facebook: madeleinebistro

Twitter: @madbistrojkt

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment