Wednesday, December 12, 2012

Beginilah Keluarga Anna Olson Mengisi Liburan Mereka


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Bagaimana ya rasanya punya keluarga yang suka masak semua? Pasti setiap hari hidangan di rumah seperti sajian di restoran mewah. Seperti keluarga kecil Anna Olson, pastry chef dari Kanada. Tugas memasak setiap haripun bisa dibagi dengan mudah!

Pecinta kuliner mengenal Anna Olson (48) dari program 'Sugar', 'Kitchen Equipped', 'Fresh with Anna Olson', dan kini 'Bake with Anna Olson' di layar kaca. Semuanya pernah ditayangkan oleh Food Network Kanada dan Asian Food Channel. Di acara-acara ini, Anna memamerkan keahliannya membuat aneka kue dan dessert.

Kecintaan Anna terhadap pastry mendapat pengaruh besar dari sang nenek. Karena sering menghabiskan waktu bersama di dapur, sejak usia 6-7 tahun Anna sudah bisa membuat chocolate chip cookies. Beranjak dewasa, kecintaan dan kemampuannya di bidang pastry semakin berkembang berkat dukungan sang nenek.

Pada usia 25 tahun, Anna memutuskan mendaftar di College of Culinary Arts di Johnson & Wales University, Amerika Serikat. Meski di sini ia belajar membuat masakan gurih dan asin, hatinya tetap tak dapat berpaling dari dunia pastry.

Makanya, ia kemudian melamar pekerjaan sebagai pastry chef di restoran Inn on the Twenty, Kanada. Rupanya, Chef Michael Olson yang bekerja di sana memikat hatinya. Merekapun menikah dan memiliki satu orang anak tiri dari Michael, Mika (21), yang ternyata juga pandai memasak. Jadilah keluarga kecil yang semua anggotanya jago memasak.

Keluarga besar Anna dan Michael memang doyan makan, namun tak ada lagi yang berprofesi sebagai chef. Anna dan suaminyapun sering diandalkan untuk menjadi tuan rumah perjamuan hari raya seperti Natal dan Tahun Baru. Termasuk pula pada liburan akhir tahun yang akan datang.

Saat Natal, Anna memilih berada di rumahnya di Ontario, Kanada. Di sana, momen Natal terasa sepi dan syahdu, sehingga kebersamaan dengan keluarganya lebih terasa. Iapun sudah merencanakan beberapa hidangan seperti roasted prime rib, boulangere potato, pumpkin chocolate truffle, dan cheese cake.

"Untuk Natal, kami menyelenggarakan makan malam besar bersama keluarga. Setiap orang bisa mengambil sendiri makanannya. Sementara saat Tahun Baru, saya mengundang teman-teman dan menyediakan porsi individu," tutur Anna saat ditemui di acara 'Fresh Flavours with Anna Olson', Jumat (07/12/12).

Sebagai penggemar dessert dan pastry chef, Anna tak pernah menyajikan hanya satu jenis kue. Lalu, bagaimana ia menjaga kesehatannya sementara terus menyantap makanan enak dan berkalori tinggi? "Kami banyak memakan sayur dan buah serta berjalan kaki," kata Anna.

Ia mengaku bukan orang yang hobi berolahraga berat atau rajin ke gym. Namun, setiap pagi atau sore, Anna dan suaminya menyempatkan berjalan kaki sejauh lima kilometer. "Di dekat rumah saya, jalur pejalan kakinya bagus. Pemandangannya juga indah. Jadi kami berjalan kaki sambil menghilangkan stres," ujarnya.

Meski Anna dan suaminya sama-sama chef, mereka berusaha menyeimbangkan waktu kerja dan waktu pribadi. Kebetulan Michael kini tak lagi bekerja di restoran, melainkan sebagai guru di sekolah kuliner. Jadi, mereka bisa menyesuaikan jadwal dan bergantian memasak di rumah. Merekapun menghindari topik pekerjaan saat sedang bersama.

Saat senggang, Anna dan suaminya senang berwisata kuliner. Mereka ingin sekali bisa mencicipi hidangan Vietnam langsung di negara aslinya. Anna juga berharap mendapat kesempatan untuk menjelajah kuliner Indonesia. Terutama yang bercitarasa pedas, karena Anna dan Michael adalah penggemar makanan pedas.

"Saya hanya tahu nasi goreng, dan rasanya enak," ungkapnya. Annapun kagum akan kekayaan rempah dan kualitas bahan-bahan tropis di Indonesia. "Jujur, kami iri dengan Indonesia yang terkenal akan rempahnya," tutur Anna. Ia berencana mampir ke pasar tradisional di Jakarta dan membeli rempah-rempah sebagai buah tangan.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment