Wednesday, December 12, 2012

Perkenalkan Makanan Sehat pada Anak untuk Kecukupan Nutrisi


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Makanan sering kali membuat anak menjadi frustasi. Tidak suka dengan makanan atau makan secara berlebihan karena menyukai makanan tertentu bisa saja terjadi. Hal ini bisa dihindari jika para orang tua memperhatikan jenis makanan anaknya.

Dalam tiga kali sehari, buah dan sayuran wajib diberikan, terutama pada balita. Karena pada usia inilah anak akan belajar mengenal jenis makanannya. Berat badannya juga akan bertambah dengan cepat. Tak lupa susu atau jus buah harus diberikan secara teratur untuk memenuhi nutrisinya.

Makanan juga harus beragam diberikan karena banyak balita yang hanya makan satu jenis makanan saja setiap hari, karena terasa akrab di lidahnya. Anak akan menghindari jenis makanan yang jarang ditemui atau dimakan, bahkan akan menolak atau menjauhi makanannya.

Menurut pediatrics.about.com, masalah ini bisa diatasi dengan menerapkan diet sehat pada balita. Dalam sehari bisa berikan susu rendah lemak sebanyak 680 gram pada anaak usia 2 tahun. Juga berikan 170 gram buah, dua kali pemberian makan utama dan 2-3 kali pemberian camilan.

Jika anak sudah mulai bisa menentukan makanan sehatnya sendiri, ada baiknya tetap berikan jenis makanan lainnya. Agar si kecil terbiasa mengonsumsi beragam jenis makanan dan mengenal makanan sehat dengan baik.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment