Friday, December 7, 2012

Martha Stewart Terkena Infeksi Salmonella dari Kalkun


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Wabah salmonella masih menghantui warga Amerika. Sudah banyak korban berjatuhan akibat bakteri berbahaya ini. Sumbernya bisa dari buah maupun bahan pangan yang berasal dari hewan seperti daging merah, seafood, dan unggas. Martha Stewartpun menjadi salah satu korbannya.

Martha Stewart adalah pebisnis media asal Amerika. Wanita berusia 71 tahun ini banyak dikenal melalui majalahnya, Martha Stewart Living, yang membahas tentang dekorasi rumah, resep, dll. Selain majalah ini, ia juga menerbitkan beberapa majalah lain, acara TV dan radio, serta usaha lainnya di bawah bendera Martha Stewart Living Omnimedia.

Seperti diberitakan New York Post (06/12/12), Martha Stewart terkena infeksi salmonella. Iapun harus beristirahat selama beberapa hari pada November lalu. "Saya tidak pernah sakit, tapi saya tumbang karena salmonella. Sepertinya saya sakit karena mengolah banyak kalkun saat Thanksgiving," kata Stewart.

Ia bercerita bahwa sebelum sakit, ia tampil di acara 'Today'. Iapun hadir di beberapa acara Thanksgiving lain. "Penyakit ini menyerang dengan hebat dan saya harus istirahat selama berhari-hari. Mengerikan sekali," tambahnya.

Karena jatuh sakit, Stewart terpaksa membatalkan serangkaian penampilan dan rapat. Syukurlah, kini ia sudah sembuh. Stewartpun mengambil hikmah dari kejadian ini. "Berat badan saya turun," katanya.

Bakteri salmonella dapat menyebabkan infeksi yang disebut Enteritis salmonellosis. Salmonella biasanya terdapat di usus manusia atau binatang dan bisa mencemari makanan lewat kotoran hewan. Jika makanan tak dimasak sampai suhu tertentu, bakterinya tak mati dan bisa menyebabkan sakit.

Menurut artikel yang dilansir Huffington Post (06/12/12), gejala infeksi salmonella bisa berupa diare, muntah, sakit perut, tinja berdarah, demam, panas dingin, hingga sakit otot. Penyakit ini dapat sembuh sendiri setelah beberapa hari.

Namun, keracunan makanan akibat salmonella juga bisa mengancam nyawa bagi sebagian orang. Anak-anak, lansia, dan wanita hamil rentan terserang bakteri ini. Begitupula dengan mereka yang memiliki kekebalan tubuh rendah, seperti pengidap HIV/AIDS, kanker, diabetes, ginjal, atau penerima transplantasi organ.

Ada sekitar 40.000 kasus salmonellosis yang dilaporkan setiap tahunnya di Amerika Serikat. Belum lagi kasus yang tidak dilaporkan, sehingga angka tersebut bisa meningkat hingga 30 kali lipat.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment