Monday, December 17, 2012

Prancis Larang Penggunaan BPA Untuk Kemasan Makanan


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Bahan kimia non pangan sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Banyak han kimia sering dijadikan campuran bahan kemasan makanan. Seperti bispenol A, yang hingga kini masih banyak dipakai dalam bahan pembuatan aneka kemasan makanan.

Menurut Dailymail (13/12/2012), pada hari Kamis sebuah parlemen di Prancis melarang menggunakan bisphenol A (BPA), yang merupakan bahan kimia berbahaya dan berefek toksik pada otak dan sistem saraf.

Bahan kimia ini sering digunakan untuk lapisan pelindung dalam kaleng makanan dan minuman. Termasuk kemasan makanan bayi juga wadah makanannya. Bahkan telah diprediksi, bahan kimia ini akan semakin banyak digunakan pada tahun 2015 mendatang.

Sejak adanya bukti keterkaitan bahan kimia ini dengan efek toksik pada otak dan sistem saraf hewan, penggunaan BPA menjadi perhatian khusus parlemen Prancis. Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan adanya hubungan antara paparan BPA dengan penyakit jantung koroner dan gangguan reproduksi.

Karena itu, sejak Juni 2010 sebuah undang-undang di Prancis melarang impor dan ekspor kemasan makanan yang mengandung bisphenol A dalam segala bentuk. Pelarangan ini juga diikuti oleh negara lainnya, kebanyakan mereka menghentikan pembuatan botol bayi berbahan BPA.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment