Monday, December 17, 2012

Vodka Selamatkan Gajah Sirkus dari Hipotermia


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Minuman beralkohol dikenal bisa untuk menghangatkan badan manusia, tapi ternyata hal ini juga bermanfaat untuk hewan. Dua ekor gajah dari sirkus Polandia berhasil diselamatkan oleh ramuan vodka dan air hangat setelah berada di suhu dingin yang ekstrim.

Gajah-gajah yang dimiliki oleh sirkus dari Polandia saat itu sedang melakukan tur di daerah Novosibirsk, Rusia. Tiba-tiba pemanas yang berada di dalam trailer gajah terbakar dan memaksa mereka menghadapi cuaca dingin yang ekstrim di luar.

Pada hari Kamis (14/12/2012) para gajah sedang berada di dalam trailer yang terbakar di kota Novosibirsk, hal ini memaksa para pelatih untuk mengeluarkan mereka ke luar trailer dengan suhu mencapai -40 derajat celcius, kata juru bicara bagian gawat darurat Alexander Davydoy kepada Associated Press (17/12/2012).

Sementara para gajah berdiri dengan diam di suhu dingin yang ekstrim, pelatih sirkus Leonid Labo langsung berlari ke toko terdekat untuk mencari vodka. Setelah mendapatkan dua kotak vodka, ia langsung mencampurkan 10 liter vodka tersebut dengan air hangat untuk diberikan ke kedua gajah.

Dua gajah yang diberikan vodka itu bernama Magda (45) dan Jenny (48). Mereka mulai meraung seperti mereka sedang di hutan! Mungkin karena mereka senang, kata seorang petugas Rusia kepada agensi berita Rusia, Ria Novosti (17/12/2012).

Setelah para petugas datang, para binatang sirkus tersebut dibawa dengan truk dibawah pengawalan polisi. Mereka dibawa ke garasi kampus lokal untuk mendapatkan perawatan lebih jauh dari para dokter hewan. Laporan terbaru menyebutkan gajah-gajah ini hanya menderita radang dingin di ujung telinga mereka.

Menurut ilmuwan, seperti manusia alkohol dapat menghangatkan binatang, tetapi sebenarnya dapat menurunkan suhu inti tubuh mereka. Menurut direktur kebun binatang Novosibirsk, Rostislav Shilo, gajah-gajah tersebut tidak disakiti atau keracunan vodka, karena tanpa minuman alkohol itu kemungkinan besar mereka akan mati karena hypothermia. Kondisi badan menggigil dan kehilangan fungsi otak akibat suhu dingin ekstrin.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment