Saturday, December 15, 2012

Sarapan Tinggi Protein dan Karbohidrat Bisa Cegah Kegemukan


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Hasrat menghindari makanan berlemak pasti terasa sulit. Kentang goreng, pizza dan pasta akan sukses menggoda keinginan untuk memakannya. Anda tak perlu takut menjadi gemuk, makanan tinggi karbohidrat ini bisa tetap dinikmati asalkan tidak lebih dari jam 9 pagi.

Sumber karbohidrat seperti nasi, kentang dan roti bukanlah penyebab utama kegemukan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor di Virginia Commonwealth University, sarapan tinggi karbohidrat justru akan membantu mencegah kelebihan berat badan.

Bahkan ia juga memperbolehkan makan pizza dan cokelat tanpa merasa bersalah, jika dimakan sebelum jam 9 pagi. Diet tinggi karbohidrat ini hanya boleh dijalankan saat pagi hari. Sedangkan untuk siang harinya Anda harus menjalankan diet rendah karbohidrat.

Sarapan merupakan kegiatan wajib yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya nutrisi yang terserap dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mencegah makan berlebih di siang hari. Untuk mencegah kelebihan berat badan dan mengurangi risiko penyakit diabetes dan jantung.

Jika ingin mencegah kelebihan berat badan, sediakan menu sarapan tinggi karbohidrat dan protein, yang jumlahnya sekitar 600 kalori. Bisa berupa nasi, telur, kentang, daging ayam, pizza ataupun cokelat. Untuk makan siang dan malamnya bisa siapkan menu rendah karbohidrat.

Hasil penelitian yang dilakukan Dr. Daniela Jakubowicz ini tercatat lengkap dalam bukunya yang berjudul The Big Breakfast Diet: Eat Big Before 9 a.m. Disitu iapun menjelaskan mengenai diet sehat 1200 kalori, yang harus dijalankan selama 28 hari berikut resep masakannya.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment