Wednesday, December 5, 2012

Selain Segar, Melon Bikin Kulit Sehat dan Bersinar


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Potongan melon yang manis segar alami sering jadi pencuci mulut. Kandungan airnya yang tinggi bisa membilas rasa gurih di mulut. Selain segar, melon juga memiliki banyak nutrisi hebat. Termasuk untuk kesehatan kulit dan juga mata!

Melon merupakan buah dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Berdasarkan data di nutritiondata.self.com, Tiap 100 gram melon mengandung vitamin A 3382 IU, atau sekitar 68% kebutuhan vitamin A dalam satu hari. Memang tak sebanyak wortel yang kandungan vitamin A nya jauh lebih tinggi, namun dalam jenis buah, melon jadi salah satu buah dengan vitamin A tertinggi.

Vitamin A yang dikandung melon sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata dan menambah daya penglihatan. Di dalam melon juga terdapat zeaxanthin yang membantu melindungi retina mata.

Melon juga berkhasiat mempertahankan kelenturan kulit. Kandungan airnya yang tinggi bisa menambah asupan air yang dibutuhkan tubuh. Fungsinya untuk menjaga cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Kondisi dehidrasi berdampak langsung pada kulit dan berpotensi membuatnya berkerut dan kering.

Rajin makan buah yang manis segar ini juga mampu membuat wajah lebih cerah bersinar. Antioksidan yang ada dalam melon serta vitamin A berperan dalam menjaga kecantikan kulit. Antioksidan beta carotene, lutein, zeaxanthin dan cryptoxanthin juga bisa melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan juga membantu cegah penyakit kanker.

Melon bisa disajikan segar sebagai buah potong atau campuran salad. Enak dibuat smoothies, puding atau campuran es buah.Selain melon hijau, melon kuning dan oranye juga mudah didapat di pasaran.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment