Tuesday, December 11, 2012

Ternyata Pola Makan a la Vegetarian Bisa Cegah Kanker


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sejumlah nama kondang seperti Gwyneth Paltrow dan Natalie Portman diketahui menjalani pola diet vegetarian. Kini, pola makan ini memang makin populer saja. Dari sederetan alasan positif, rupanya pola makan ini juga memiliki efek jangka panjang, mencegah kanker!

Sebuah artikel yang ditulis Michelle Fletcher dalam situs milik Pacific College of Pacific Medicine mengemukakan penjelasannya. Vegetarian diet memang banyak direkomendasikan, termasuk oleh American Dietetic Assosiation karena bernutrisi tinggi, sehat, dan alami untuk mengobati penyakit kronis seperti kanker, osteoporosis dan juga diabetes.

Buah dan sayur menjadi menu utama para vegetarian. Ada lebih dari 200 penelitian yang mengungkap jika konsumsi rutin buah dan sayur bisa memproteksi tubuh dari penyakit kanker. National Cancer Institute juga mengatakan jika pola diet tinggi serat bisa mengurangi risiko kanker kolon dan kanker rektum. Sealin itu juga membantu mencapai berat badan ideal dan mengurangi risiko sakit jantung serta stroke.

Lebih lanjut lagi, University of L'Aquila di Italia menjelaskan korelasi antara pola makan dan perkembangan sel kanker. Diungkapkan jika tubuh yang kekurangan serat, konsumsi daging merah serta ketidak seimbangan Omega 3 dan 6 bisa meningkatkan risiko kanker.

National Cancer Institute juga mengungkapkan jika wanita yang makan daging merah setiap hari memiliki risiko kanker payudara 4 kali lebih besar dibanding yang tidak makan daging. Sebaliknya, wanita yang mengonsumsi buah setiap hari memiliki risiko kanker payudara lebih rendah 20 hingga 30 persen.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment