Monday, December 10, 2012

Wah! Ibu Pemabuk Berpotensi Memicu Anak Jadi Pemabuk


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Pola hidup dan kebiasaan orang tua punya pengaruh buruk bagi anak. Sedikit banyak, anak mencontoh perilaku orang tuanya. Salah satunya, anak yang ibunya gemar mabuk-mabukan berpotensi dua kali lebih tinggi menjadi pemabuk juga saat dewasa.

Kesimpulan tersebut dihasilkan lewat penelitian oleh Demos, sebuah organisasi yang meneliti berbagai topik di Inggris, seperti dimuat dalam Dailymail (10/12/2012). Mereka meneliti anak-anak di Inggris mengenai pola hidup orang tuanya serta pengaruhnya bagi si anak tersebut.

Menurut penelitian tersebut, banyak orang tua golongan ekonomi menengah terbiasa minum minuman beralkohol untuk mengusir rasa jenuh dan stres di malam hari. Sayangnya, banyak dari mereka yang berfikir jika kebiasaan tersebut tak memberi pengaruh apapun bagi anggota keluarga lain. Rupanya, anggapan tersebut salah.

Demos meneliti 17.000 orang berusia 30an. Mereka ditanyai mengenai seberapa sering orang tua mereka minum alkohol saat usia mereka 16 tahun. Hasilnya, anak dengan ibu yang sering mabuk ditemukan 1,7 kali lebih rentan memiliki kebiasaan yang sama dengan sang ibu.

"Anak-anak dalam keluarga seharusnya menjadi prioritas nomor satu. Pemerintah harus fokus dalam membantu para orang tua yang menyalahgunakan minuman beralkohol untuk menjadi orangtua yang lebih efektif. Ini merupakan pendekatan terbaik untuk meminimalisir bahaya bagi anak-anak," kata Jonathan Birdwell, ketua peneliti.

Birdwell berharap dengan publikasi penelitian ini, terjadi perubahan besar di kalangan orang tua dan anak-anak. Diharapkan, hal ini bisa menekan kebiasaan para orang tua mabuk-mabukan dan menurunkan kebiasaan tersebut pada anak-anaknya.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment