Monday, December 3, 2012

Akhirnya Ilmuwan Menemukan Cara Mengetahui Umur Lobster


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Untuk pertama kalinya, ilmuwan menemukan cara untuk mengetahui umur lobster. Ternyata, pada tubuh lobster terdapat cincin pertumbuhan yang bisa memperlihatkan jumlah umur lobster. Hal ini sangat membantu karena sebelumnya para nelayan hanya menebak umur lobster.

Sebelumnya, para ilmuwan sudah menemukan cara mengetahui umur ikan dengan menghitung cincin pertumbuhan yang ditemukan di bagian tulang telinga dalam. Umur hiu dilihat dari cincin yang ada di tulang punggung, danpada kerang diketahui dari cincin yang terlihat di cangkangnya.

Tapi, crustaceans seperti lobster, kepiting, dan udang menghadapi permasalahan karena struktur pertumbuhan permanen yang tidak terlalu terlihat. Saat lobster berganti kulit, mereka melepaskan semua bagian tubuh yang mengeras, sementara bagian itu menunjukkan catatan pertumbuhan setiap tahun.

Sebelumnya para peneliti menyimpulkan umur lobster melalui ukuran dan variabel lainnya. Tetapi, saat ini sudah diketahui bahwa mahluk laut seperti lobster, kepiting, dan udang mempunyai sebuah cincin yang terus bertambah setiap tahun di dalam tubuh mereka.

Dengan mengetahui secara jelas umur lobster, dapat membantu para ilmuwan untuk lebih mengerti populasi dan membantu pembuatan peraturan di industri penjualan lobster, tutur Raouf Kilada, selaku kepala penulis dari University of New Brunswick kepada Associated Press (03/12/2012).

Penelitian ini diterbitkan di Canadian Journal of Fisheries dan Aquatic Sciences. Merupakan satu dari lebih dari 50 presentasi ilmiah di konferensi tersebut, yang dihadiri oleh lebih dari 100 ilmuwan lobster dari Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa.

Untuk penelitian ini, Kilada dan lima peneliti yang berasal dari Kanada meneliti lobster, snow crabs, nothern shrimp, dan sculptured shrimp. Mereka menemukan cincin pertumbuhan, yang bisa ditemukan di eyestalk, tungkai yang terhubung pada tubuh dengan ujung bola mata. Pada lobster dan kepiting, cincin tersebut ditemukan di gastric mills yaitu bagian perut yang berbentuk tiga gigi yang digunakan untuk menggiling makanan.

Untuk menemukan pita pertumbuhan itu, ilmuwan membedah eyestalk dan gastric mills dan melihat bagian tersebut dibawah mikroskop. Kilada mengatakan ia menemukan lobster yang berumur 16 atau 17 tahun selama penelitian tersebut.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment