Thursday, December 6, 2012

Anak Perlu Diberi Sayuran Berwarna-warni


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Buah dan sayuran wajib diberikan pada anak setipa hari. Bukan hanya jumlahnya harus cukup tetapi juga jenisnya harus beragam. Karena warna warni sayuran ternyata juga menunjukkan kandungan nutrisi yang berbeda. Makin berwarna makin lengkap nutrisinya.

Banyak anak tak suka sayuran dan buah. Bahkan banyak juga yang hanya menyukai satu jenis sayuran. Walaupun menyehatkan, tidak akan optimal nutrisinya jika diberikan hanya satu jenis saja. Karenanya mulailahperkenalkan anak pada beragam sayuran dan buah segar agar nutrisinya tercukupi.

Seperti yang dilansir webmd.com, aneka warna sayur dan buah pada satu piring makan anak dapat membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Tidak hanya itu anak juga akan selalu sehat. Ada enam jenis warna makanan yang harus diberikan setiap hari, yaitu merah, oranye, kuning, hijau, dan biru. Masing-masing warna punya manfaat yang berbeda.

Apel, bit dan bayam merah adalah jenis buah dan sayur berwarna merah. Sayuran ini dapat menjaga kesehatan jantung si kecil. Kalau warna oranye pada jeruk dan wortel diketahui dapat menjaga kesehatan matanya. Juga sayuran dan buah berwarna kuning yang ada pada labu dan belimbing, berguna untuk menjaga sisitem kekebalan tubuhnya.

Selain itu juga ada yang berwarna hijau, misalnya pada bayam hijau, caisim dan alpukat membantu untuk pembentukan tulang dan giginya agar lebih kuat. Sedangkan sayuran dan buah berwarna biru dan ungu diketahui bisa membantu membantu daya ingatnya. Banyak terdapat pada terong, kol ungu dan ubi.

Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, si kecilpun bisa mengenal jenis makanan lebih banyak lagi. Bahkan iapun akan menambah daftar sayuran dan buah favoritnya.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment