Monday, December 3, 2012

Menu Sehat di Resto Fast Food Ternyata Masih Berkalori Tinggi


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Kini, restoran cepat saji menawarkan beberapa alternatif yang disebut-sebut menyehatkan. Ada yang menambahkan salad di menunya, adapula yang membuat veggie burger dengan ekstra sayuran. Benarkah menu ini lebih menyehatkan dibanding junk food?

Menurut studi di American Journal of Preventive Medicine, menu sehat di restoran fast food pada 1996-2010 sudah bertambah hingga 53%. Sayang, rata-rata jumlah kalori di setiap itemnya belum berubah secara signifikan.

Perkembangan besar selama periode 14 tahun ini terlihat ke arah salad sehat, yogurt parfait, dan menu lain yang terlihat lebih ringan. Namun, penambahan selada atau potongan apel semata tidaklah mengurangi kandungan kalorinya.

"Menu salad juga bisa buruk bagi kesehatan. Karena diberi topping fried chicken dan saus salad biasa, kalorinya bisa lebih tinggi daripada burger," kata ketua peneliti Katherine Bauer, seperti diberitakan Huffington Post (01/12/12).

Bauer dan timnya menganalisis menu dari delapan restoran cepat saji di Amerika Serikat, seperti McDonald's, Burger King, Wendy's, Taco Bell, KFC, Arby's, Jack in the Box, dan Dairy Queen. Mereka menggunakan Food and Nutrient Database dari University of Minnesota Nutrition Coordinating Center.

Peneliti menemukan sedikit perbedaan pada jumlah kalori menu utama. Salad dan sandwich, misalnya, rata-rata mengandung 453 kalori. Side dish seperti kentang, sup, dan roti jumlah kalori rata-ratanya tetap 263 kkal. Sementara itu, pada minuman dan condiment, nilai kalorinya justru sedikit meningkat.

Namun, studi ini memiliki keterbatasan. Sejak 2010, banyak restoran telah mengurangi kalori dan memberi informasi kalori untuk mengedukasi pelanggan. Langkah ini diimplementasikan di restoran seluruh AS sebagai bagian dari undang-undang kesehatan federal. Meski demikian, sebuah riset menunjukkan bahwa informasi kalori ini tidak memengaruhi jumlah kalori yang dibeli konsumen.

Artinya, menu yang disebut sehat belum tentu menyehatkan. Jika Anda ingin yang benar-benar sehat, santaplah makanan rumahan.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment