Monday, December 3, 2012

Spaghetti Bolognese dari 4 Resto Ini, Mana yang Paling Lezat?


Rekomendasi Redaksi

Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Salah satu racikan pasta yang populer di dunia adalah spaghetti bolognese. Hampir tiap restio bergaya Italia punya menu ini. Spaghetti yang kenyal dibalut saus tomat dan cincangan daging sapi plus taburan keju parmesan. Hmm... mana ya resto yang punya spaghetti bolognese terenak?

Bolognese atau bolognaise merupakan sebutan untuk saus pasta berbahan daging yang berasal dari Bologna, Italia. Di sana, saus bolognese atau rag alla bolognese digunakan untuk isian ravioli dan canneloni. Bisa juga untuk paduan lasagna dan tagliatelle.

Menurut Chef Marco Matteucci dari Bruschetta, Hotel Borobudur Jakarta, rag alla bolognese menggunakan pasta tomat, red wine, dan air. Elemen utama dari saus ini adalah daging, sementara tomat hanya digunakan sedikit sebagai perasa. Karenanya, sausnya padat isi dan dipadankan dengan pasta silindris atau lebar agar mudah menempel.

Sementara itu, di luar Italia, istilah bolognese merujuk pada saus yang agak berbeda. Unsur yang dominan adalah saus tomat dengan daging giling yang tak begitu banyak. Sayur-sayuran seperti wortel dan seledri sering ditambahkan saat memasak saus bolognese. Karena lebih encer, saus ini cocok dipasangkan dengan spaghetti yang tipis.

Di Jakarta, ada banyak restoran bergaya Italia yang menyajikan spaghetti bolognese meski punya menu andalan pizza. Sebut saja Pizza Hut, Izzi Pizza, Paparon's Pizza, dan Pizza Marzano. Detikfood mencicipi keempatnya, dan ternyata masing-masing memiliki gaya berbeda.

Dibanding ketiga restoran lain, Pizza Hut merupakan yang paling populer dan memiliki banyak cabang. Di sini, spaghetti bolognesenya disebut Beef Spaghetti (Rp 30.909). Porsinya sedang, cukup untuk dimakan sendiri. Saus bolognesenya disiramkan ke atas spaghetti, lalu diberi topping keju cheddar parut dan cacahan peterseli.

Saat diaduk, terlihat cukup banyak air menggenang di bawah piring, tanda pastanya tak ditiriskan hingga kering. Sausnya yang berwarna oranye cerah jadi semakin encer karenanya. Selain daging sapi yang digiling halus, ternyata juga terdapat potongan daging ayam, bawang Bombay, dan wortel sebagai campuran sausnya.

Spaghettinya dimasak agak terlalu lunak. Aroma sausnya kurang kuat, begitupula dengan rasanya yang biasa saja. Tampaknya spaghetti bolognese di sini dibuat dengan gaya Amerika.

Sementara itu, spaghetti bolognese di Izzi Pizza (harga promo Rp 19.999 dari harga asli Rp 62.000) tampil berbeda. Spaghettinya tak basah dan disusun tinggi seperti kerucut. Sepertinya saus bolognese dimasak dengan pastanya karena bercampur rata dan kering. Bagian atasnya diberi parutan mozzarella dan peterseli yang dicincang kasar.

Spaghettinya lembut dengan saus bolognesenya cukup padat dan terasa agak asam. Dagingnya berwarna merah gelap. Cukup kenyang untuk disantap sendiri.

Sedangkan spaghetti bolognese Paparon's Pizza (Rp 43.000) sudah diaduk dengan saus bolognese. Tiga potong garlic bread dan keju parmesan menjadi topping hidangan ini.

Saat digigit, pastanya terasa lembut sedikit kenyal. Potongan tomat lokal terlihat di antara daging sapi yang digiling agak kasar. Hmm... Dagingnya yang berwarna cokelat merah terang terasa gurih seperti bakso.

Kami juga mencicipi spaghetti bolognese a la Pizza Marzano (Rp 60.000). Porsinya relatif lebih banyak dibanding yang lain, dengan ukuran spaghetti yang lebih besar pula. Tampilannya sederhana tanpa topping apapun. Hanya spaghetti yang dimasak dengan saus bolognese yang basah.

Spaghettinya dimasak al dente dan masih menyisakan sedikit air di dasar piring. Saat mengunyah pastanya yang kenyal, lidah menjejak rasa asam dari saus dan potongan tomatnya. Rasa tomat impornya cukup kuat. Potongan dagingnya besar-besar, seperti dicincang kasar bukan digiling. Warna dagingnya agak gelap.

Dari keempat spaghetti bolognese tersebut, menurut Detikfood, punya Pizza Marzano-lah yang bercitarasa paling Italia. Dagingnya dicincang kasar khas Italia dan spaghettinya al dente, kenyal di tengah. Penggunaan tomat impor dan spaghetti yang kenyal enak membuat harganya yang relatif paling mahal cukup beralasan.

Bagaimanapun juga, selera orang berbeda-beda. Adapula yang menyukai pasta lembut dan basah dengan rasa yang tidak begitu asam. Bagaimana dengan Anda?

Pizza Hut

Jl. Warung Buncit No. 2,

Jakarta Selatan

Telepon: 021-7901165

Izzi Pizza

Jl. HOS. Cokroaminoto 122, Menteng

Jakarta Pusat

Telepon: 021-3147220

Paparon's Pizza

Apartemen Park Royale Lobby Tower I

Jl. Jend. Gatot Subroto Kavling 27-35

Jakarta Pusat

Telepon: 021-5717201/02, 5706564, 93276528

Pizza Marzano

Supermall Karawaci lantai UG

Jl. Bulevard Diponegoro, Lippo Karawaci

Tangerang

Telepon: 021-54213623

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment