Friday, August 24, 2012

Buah Durian Tanpa Aroma Berhasil Dibudidayakan di Thailand


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Sebagai buah berpredikat paling bau di dunia, banyak orang asing tak suka dengan buah ini. Meskipun rasa dan aroma durian yang menyengat sangat dinikmati orang Asia. Namun, buat mereka yang tak suka bau durian yang menyengat, kini teratasi dengan inovasi ini.

Dr. Songpol Somsri, seorang peneliti dari Thailand, telah berhasil menghilangkan aroma menyengat buah durian. Varian buah durian tanpa aroma bernama Chantaburi No. 1 dan varian serupa lainnya akan dipasarkan di Thailand tahun 2013 atau 2014.

Di beberapa negara para petani melakukan pendekatan berbeda untuk menanam durian. Kebanyakan dari petani menunggu waktu yang lama untuk memanen durian, bukan langsung memasarkannya. Karena saat buah durian matang pohon, rasanya akan lebih enak.

Sebaliknya, Thailand dikenal dengan petani industri. Di sana, durian biasanya dipotong dari pohon sebelum mereka siap petik dan kemudian dibekukan. Biasanya dilakukan oleh pengekspor durian. Hal lain yang dilakukan untuk meningkatkan daya simpan buah dan kemungkinan untuk mengangkut buah tanpa menyebabkan bau tajam.

Somsri telah mendedikasikan hidupnya kepada buah durian. Tiga puluh tahun lalu sebelum sukses, ia telah menyilangkan lebih dari 90 varian durian. Akhirnya pilihan jatuh pada campuran durian montong dan durian chanee. Lewat penemuan ini campuran keduanya menghasilkan rasa dan aroma yang lembut.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment